Ketua MPR Usul Taufiq Kiemas Dinobatkan Jadi Bapak 4 Pilar MPR

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 24 Februari 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 337 2173051 ketua-mpr-usul-taufiq-kiemas-dinobatkan-jadi-bapak-4-pilar-mpr-XZNL2VQR7A.JPG Mantan Ketua MPR RI, Almarhum Taufiq Kiemas (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo mengusulkan agar mantan Ketua MPR, Taufiq Kiemas dianugerahi penghargaan sebagai Bapak Empat Pilar MPR RI. Pria yang karib disapa Bamsoet ini menilai suami Megawati Soekarnoputri tersebut berjasa dalam membangun paradigma kebangsaan.

"Saya ingin mendorong tercapainya kesepakatan yang akan kita godok dalam forum rapat pimpinan dan gabungan fraksi-fraksi dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD RI) di MPR RI, untuk memberikan perhargaan kepada almarhum Taufik Kiemas sebagai Bapak 4 Pilar MPR RI," kata Bamsoet, Minggu 23 Februari 2020.

Menurutnya, Empat Pilar MPR RI adalah legasi yang sudah sepatutnya dijadikan warisan kebangsaan yang mesti dijaga, rawat, dan yang lebih penting dihadirkan dalam setiap ruang publik dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Taufiq Kiemas

Empat Pilar MPR kata Bamsoet, ialah buah pikiran dari almarhum Taufiq Kiemas saat menjabat sebagai Ketua MPR pada 2009. Taufiq menurutnya juga berjasa merajut kebersamaan dalam keberagaman, dan menyatukan visi ke-Indonesiaan, melalui pemasyarakatan Empat Pilar MPR RI.

Politikus Partai Golkar itu berjanji akan membahas usulan itu pada rapat pimpinan dan rapat gabungan fraksi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan MPR RI.

"Kita harapkan pada sidang Paripurna MPR RI, 16 Agustus 2020 mendatang keputusan itu bisa tercapai secara bulat.," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini