nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 23 Februari: Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 06:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 23 337 2172725 peristiwa-23-februari-pendiri-muhammadiyah-kh-ahmad-dahlan-meninggal-dunia-xZkxkDskiu.jpg KH Ahmad Dahlan (foto: Wikipedia)

JAKARTA - Berbagai macam peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 23 Februari. Salah satunya adalah meninggalnya pendiri Muhammadiyah sekaligus pahlawan nasional, KH Ahmad Dahlan.

Berikut rangkuman Okezone, terkait beberapa peristiwa yang terjadi pada 23 Februari:

1. KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Ahmad Dahlan (foto: Wikipedia)	 

Pendiri dari Muhammadiyah sekaligus pahlawan nasional KH Ahmad Dahlan meninggal dunia, pada 23 Februari 1923. Ia dimakamkan di daerah kelahirannya, yakni Yogyakarta.

Pada tahun 1912, Ahmad Dahlan mendirikan sebuah organisasi bernama Muhammadiyah untuk melaksanakan cita-cita pembaruan Islam di bumi Nusantara. Ia ingin mengadakan suatu pembaruan dalam cara berpikir dan beramal menurut tuntunan agama Islam.

2. Amerika Serikat Berhasil Rebut Pulau Iwo Jima dari Jepang

Amerika Serikat Berhasil Rebut Pulau Iwo Jima dari Jepang (foto: Wikipedia)	 

Setelah berhasil merebut Pulau Iwo Jima dari kekuasaan Jepang, Amerika Serikat berhasil mengibarkan benderanya pada 23 Februari 1945.

Untuk merebut pulau tersebut dari Jepang, Amerika Serikat sempat melakukan pertempuran, dan bahkan harus kehilangan kapal induk terbesarnya, serta kehilangan 6,821 tentaranya serta hampir 20.000 terluka parah.

3. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) Didirikan

Logo ISO (foto: Wikipedia)	 

International Organization for Standardization (ISO) berdiri pada 23Februari 1947. Organisasi ini adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.

4. Anas Urbaningrum Mundur dari Ketua Umum Demokrat

Setelah ditetapkan sebagai terasangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus korupsi proyek Hambalang, Anas Urbaningrum mengundurkan diri dari jabatan ketua umum Partai Demokrat pada 23 Februari 2013.

Kenakan Kemeja Putih, Anas Urbaningrum Jalani Sidang PK

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini