nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal RUU Ketahanan Keluarga, PAN Belum Tentukan Sikap

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 22 337 2172426 soal-ruu-ketahanan-keluarga-pan-belum-tentukan-sikap-QG3Q3EK4Q1.jpg Wakil Ketua Fraksi PAN di DPR, Saleh Partaonan Daulay (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pihaknya hingga kini belum menentukan sikap terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga.

Ia menjelaskan bahwa Fraksi PAN untuk saat ini masih melakukan kajian terhadap wacana tersebut. Pasalnya, menurut Saleh RUU Ketahanan Keluarga terlalu menyenuh ranah pribadi dari masyarakat.

Baca Juga: Jika Banyak Penolakan, Baleg Sebut RUU Ketahanan Keluarga Bisa Dibatalkan 

"Fraksi PAN belum memberikan pandangan resmi terkait masalah ini. Masih dilakukan kajian yang lebih mendalam agar penilaian yang diberikan lebih objektif," ucap Saleh kepada Okezone, Sabtu (22/2/2020).

Kemudian Saleh mengimbau agar RUU tersebut tidak diarahkan ke wilayah pribadi setiap masyarakat. Ia pun berharap RUU yang dibentuk bisa mensejehaterakan masyarakat, bukan justru menyulitkan.

"Kalau ada RUU yang terlalu mengatur wilayah pribadi, perlu dilihat manfaat dan mudaratnya. Jika mudaratnya lebih besar, ya RUU itu tidak perlu dilanjutkan," terangnya.

Jika ingin membentuk RUU Ketahanan Keluarga, Saleh menyarankan kepada pihak terkait untuk melibatkan beberapa organisasi yang cukup berpengalaman dalam melakukan pembinaan keluarga, seperti Aisiyyah, Muslimat NU, Nasyiyatul Aisiyyah, dan Fatayat NU.

“Kalau mau memperkuat ketahanan keluarga, organisasi-organisasi tersebut harus dilibatkan secara aktif. Termasuk jika ada rencana membuat UU. Merekalah yang perlu diajak berdiskusi terlebih dahulu," tutup Saleh.

Baca Juga: Kecolongan, Golkar Cabut Dukungan terhadap RUU Ketahanan Keluarga

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini