nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 22 Februari: Presiden Pertama AS Lahir hingga Anas Urbaningrum Jadi Tersangka

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 06:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 22 337 2172416 peristiwa-22-februari-presiden-pertama-as-lahir-hingga-anas-urbaningrum-jadi-tersangka-wFs7De4xtM.jpg Anas Urbaningrum Usai Jalani Sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta (foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Berbagai peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada 22 Februari. Oleh karena itu, Okezone coba merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ini.

Berikut serangkaian peristiwa yang terjadi pada 22 Februari :

1. Presiden Pertama Amerika Serikat Lahir

George Washington (foto: Wikipedia)	 

Presiden Pertama Amerika Serikat George Washington lahir pada 22 Februari 1732. Ia memimpin pasukan Patriot selama Perang Revolusi Amerika dan berhasil mengantarkan mereka menuju pintu kemerdekaan dari Britania Raya.

Ia juga mengepalai Konvensi Konstitusional 1787 yang mendirikan pemerintahan federal yang baru. Berkat kepemimpinannya selama perjuangan untuk memerdekakan Amerika Serikat, ia diberi gelar 'Bapak Bangsa'.

2. Jefferson Davis Dilantik sebagai Presiden Konfederasi Amerika Serikat

Jefferson Davis (foto: Wikipedia)	 

Jefferson Davis secara resmi dilantik untuk masa enam tahun sebagai Presiden Konfederasi Amerika Serikat. Pelantikan itu pun dilakukan di Richmond, Virginia pada 22 Februari 1862.

Sebelumnya, Jefferson dilantik sebagai Presiden sementara pada 18 Februari 1861.

3. Presiden Pertama Vietnam Selatan Lolos dari Upaya Pembunuhan

Ngo Dinh Diem (foto: Wikipedia)	 

Presiden Pertama Republik Vietnam atau Vietnam Selatan Ngo Dinh selamat dari upaya pembunuhan penembakan oleh komunis Vietkong di Ban Me Thuot pada 22 Februari 1957. Namun pada 2 November 1963, Ngo Dinh Diem tewas terbunuh dalam kudeta yang dilancarkan Angkatan Darat Vietnam Selatan.

4. Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (OKI) Diggelar

Lambang Organisasi Konferensi Islam atau OKI (foto: Wikipedia)	 

Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang kedua diselenggarakan di Lahore, Pakistan pada 22 Februari 1974. Dalam acara itu. turut hadir 37 Negara dan 22 Kepala Negara dan Pemerintahaan ikut berpartisipasi.

Pertemuan itu juga mengakui kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan yang dideklarasikan pada 26 Maret 1971.

5. Anas Urbaningrum Jadi Tersangka Korupsi

Sidang Lanjutan Anas Urbaningrum 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Anas Urbaningrum sebagai tersangka atas dugaan gratifikasi dalam proyek Hambalang Pada 22 Februari 2013.

Keesokan harinya, pada 23 Februari 2013, Anas menyatakan berhenti dari jabatannya sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat dalam sebuah pidato yang disampaikan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini