nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Mustahil Pengembangan SDM Tanpa Perbaikan Sarana Pendidikan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 21 337 2172196 presiden-jokowi-mustahil-pengembangan-sdm-tanpa-perbaikan-sarana-pendidikan-kd9wFEQX70.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA - Renovasi bangunan sekolah sebagai sarana bagi siswa untuk menuntut ilmu, merupakan upaya pemerintah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pengembangan SDM tak akan tercapai tanpa sarana dan prasarana yang layak.

"Lima tahun ke depan kita ingin pengembangan sumber daya manusia. Kalau sarana dan prasarana tidak mendukung, ya itu mustahil akan kita capai yang namanya pengembangan SDM," kata Presiden Jokowi usai meninjau jalan tol di Pekanbaru, Riau, Jumat (21/2/2020) dikutip dari Biro Pers Setpres.

Pada 2019, Ditjen Cipta Karya telah melaksanakan rehabilitasi 1.679 sekolah, baik SD, SMP, SMA, SMK, serta 177 madrasah. Khusus di Provinsi Riau, rehabilitasi dan renovasi dilakukan pada 127 sekolah, 2 madrasah, dan 1 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun anggaran 2019, dengan alokasi anggaran sebesar Rp355,5 miliar.

"Pembangunan sekolah, renovasi total sekolah-sekolah, 2019 kemarin ada 1.679 sekolah madrasah dari SD, SMP, SMA, SMK yang kita bangun total, rehab total, renovasi total," ujarnya.

Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

Sebelum meninjau jalan tol, Presiden meninjau sekaligus meresmikan renovasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Madrasah yang sebelumnya mengalami sejumlah kerusakan tersebut kini telah menjadi lebih layak digunakan sebagai tempat untuk kegiatan belajar mengajar.

"Memang mesti kayak gitu, ada toiletnya yang minimal bintang 3, saya cek airnya bagus," imbuhnya.

Baca juga: Tinjau Tol Pekanbaru-Dumai, Presiden Jokowi Harap Mobilitas Orang & Barang Lebih Cepat

Rehabilitasi sekolah tersebut tidak hanya mencakup perbaikan ruang kelas saja, melainkan meliputi perbaikan ruang pendukung, toilet, perbaikan drainase, hingga perbaikan lapangan dan fasilitas olahraga guna mendukung PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat).

"Saya senang tadi ada untuk tempat olahraganya. Basket ada, badminton ada, voli ada. Kebetulan tadi memang lokasinya 2 hektare di MTs N 3 tadi. Sehingga ya semua nanti akan seperti itu. Pembangunan tidak hanya satu ruang, enggak akan rampung-rampung," ujar Jokowi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini