nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usulan Polsek Tak Lakukan Penyelidikan Harus Ubah UU Polri & KUHAP

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 16:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 21 337 2172173 usulan-polsek-tak-lakukan-penyelidikan-harus-ubah-uu-polri-kuhap-vsvPOT01tF.jpg Stafsus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono (Foto : Okezone.com/Fahreza)

JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, Dini Shanti Purwono mengatakan, usulan penghilangan fungsi penyelidikan dan penyidikan di tingkat kepolisian sektor (Polsek) harus dibahas secara komprehensif.

Pasalnya, usulan tersebut meniscayakan adanya perubahan dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri serta perubahan di Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

"Masalah proses pemeriksaan, penyelidikan-penyidikan, berarti harus ada perubahan di UU Polri dan KUHAP," kata Dini kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Dini berujar penghilangan fungsi penyelidikan dan penyidikan di tingkat Polsek masih membutuhkan waktu cukup lama. Sebab, butuh pengkajian serta perubahan aturan hukum."Bukan sesimple itu, mungkin ide wacana boleh-boleh saja, tinggal dieksplore dan dikaji tapi harus ada perubahan," tuturnya.

Kendati demikian, Dini menjelaskan dirinya belum bisa menjawab secara komprhensif terkait usulan itu. Karena ia belum mendapat instruksi dari Presiden Jokowi untuk mengkajinya.

"Tadi itu belum bisa jawab secara komprehensif karena saya belum tahu pappernya, instruksinya untuk kita kaji belum ada. Tapi yang jelas itu harus melalui perubahan UU," ucap politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.

Baca Juga : Tersangka Paedofil Mengaku Pernah Jadi Korban Pelecehan saat Kecil

Diwartakan sebelumnya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar kepolisian tingkat sektor (Polsek) tidak lagi melakukan penyelidikan dan penyidikan. Polsek diminta membangun ketertiban dan pengayoman masyarakat.

"Sehingga ada gagasan yang oleh Presiden akan diolah agar polsek-polsek itu kalau bisa tidak melakukan penyelidikan dan penyidikan. Tapi dia membangun ketertiban, keamanan, pengayoman masyarakat," kata Ketua Kompolnas yang juga Menkopolhukam, Mahfud MD usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 19 Februari 2020.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini