nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dahnil Sebut Mantan Teroris hingga Residivis Tak Bisa Ikuti Komcad

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 10:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 21 337 2171936 dahnil-sebut-mantan-teroris-hingga-residivis-tak-bisa-ikuti-komcad-BQTPwrTWw6.jpg Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak (Foto: Ist)

JAKARTA - Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengklarifikasi pernyataannya bahwa eks kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) bisa mendaftar dalam komponen Komponen Cadangan (Komcad).

Menurut dia, siapa pun warga negara yang mempunyai catatan kriminal tak bisa mengikut program Komcad yang akan dibuka pendaftarannya menunggu terbitnya peraturan pemerintah (PP) tersebut.

"Mantan teroris dan residivis atau siapa pun yang memiliki catatan kriminal tentu tidak bisa mengikuti program Komcad. Bila nanti program tersebut berjalan, program komponen cadangan menuntut syarat yang ketat agar bisa mengikuti proses pelatihan dan akan diseleksi oleh TNI," ujar Dahnil dalam keterangannya, Jumat (21/2/2020).

Baca Juga: Pembentukan Komponen Cadangan Pertahanan Tunggu Terbitnya PP

Dahnil menerangkan, eks teroris seharusnya mengikuti program deradikalisasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk diberikan pemahaman yang moderat. Sehingga menjadi ada upaya moderasi, semangat cinta negara, dan bela negara.

"Dan apabila program deradikalisasi tersebut sukses mereka berhasil dimoderasi serta telah tertanam nilai-nilai cinta negara dan memiliki semangat bela negara tentu mereka bisa ikut program-program bela negara agar tertanam semangat nasionalisme dan patriotisme. Sehingga bisa hidup normal dengan profesinya masing-masing dan berkontribusi bagi kepentingan bangsa dan negara," ucap dia.

Ia menambahkan, UU Nomor 29 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) telah menjelaskan bagaimana program bela negara yang berupaya menanamkan nasionalisme dan patriotisme sesuai profesinya masing-masing.

Baca Juga: Jika Ikut Deradikalisasi, Eks ISIS Bisa Gabung Komponen Cadangan Pertahanan

Dahnil menambahkan, bahwa Komcad bukan program pelatihan militer karena hanya program komponen pendukung, dan komponen cadangan. "Di mana komponen cadangan ini menuntut syarat yang ketat karena akan ikut pelatihan militer dasar selama 3 bulan dan terakhir mobilisasi dan demobilisasi. Jadi, terang eks teroris dan residivis tidak bisa ikut program komponen cadangan," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini