nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Ikut Deradikalisasi, Eks ISIS Bisa Gabung Komponen Cadangan Pertahanan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 19:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 20 337 2171679 jika-ikut-deradikalisasi-eks-isis-bisa-gabung-komponen-cadangan-pertahanan-oZCwuvfOqz.jpg Stafsus Menhan Dahnil Anzar Simanjuntak

JAKARTA - Eks anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) bisa mendaftar dalam komponen Komponen Cadangan (Komcad) jika sudah mengikuti program deradikalisasi dan sudah bersedia untuk membela negara.

"Semua ya, deradikalisasi itu sendiri itu adalah upaya bela negara, mengembalikan apa tanggung jawab moral mereka sebagai warga negara yang aktif untuk membela negara itu poinnya," ujar Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak di Kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dahnil mengatakan, setiap warga negara berhak untuk mengikuti program untuk memperkuat sistem pertahanan negara tersebut.

Menurut dia, eks teroris juga bisa ikut program Komcad setelah menyatakan setia dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Semua pihak yang memang punya tanggung jawab sebenarnya semua pihak yang ada warga negara, wajib untuk ikut bela negara," tuturnya.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah menilai bila program deradikalisasi sudah sukses diterapkan kepada mantan teroris menjadikan mereka juga berhak untuk mengikuti program Komcad.

"Mereka sudah memenuhi persyaratan siapa saja berhak," kata Dahnil.

Baca Juga : Ketua Komisi VIII Setuju RUU Ketahanan Keluarga tapi Ada Syaratnya

Ia menambahkan, upaya deradikalisasi kepada eks ISIS merupakan salah satu program yang digagas pemerintah agar para mantan teroris bisa sadar dan bisa kembali setia kepada NKRI.

"Upaya melakukan deradikalisasi ke WNI eks ISIS itukan upaya menyadarkan pentingnya bela negara. Jadi salah satunya ya memastikan kalau mereka cinta negara, mereka berperan untuk bela negara dan sebagainya," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini