Jadi Menteri Terbaik Versi Indo Barometer, Prabowo Tak Besar Kepala

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 20 Februari 2020 17:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 337 2171633 jadi-menteri-terbaik-versi-indo-barometer-prabowo-tak-besar-kepala-4g9Tt2xBCy.jpg Prabowo Subianto (Okezone.com/Arif)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai sebagai menteri terbaik versi hasil survei Indo Barometer. Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo tak berbangga diri dengan hasil tersebut.

Menurut Dahnil Anzar, Prabowo akan menggunakan hasil survei tersebut sebagai masukan untuk terus bekerja lebih baik lagi sebagai Menhan.

"Pak Prabowo melihat survei ini, ya sudah, sebagai masukan. Namun, tidak sama sekali jadi membuat beliau besar kepala, karena itu subjektifitas responden. Pak Prabowo posisinya ingin kerja saja," kata Dahnil di Kemenhan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dahnil mengatakan, Prabowo yang mantan Danjen Kopassus melihat hasil survei Indo Barometer dari dua sisi; positif dan negatif.

 dahnil

Dahnil Anzar Simanjuntak (Okezone.com/Harits)

Dari sisi positif, kata dia, Prabowo akan menggunakan survei tersebut sebagai cambuk untuk bekerja semakin baik sebagai Menhan. Sedangkan dari sisi negatifnya, Prabowo akan menyadari publik menggantungkan harapan tinggi setelah terkait kinerjanya di Kabinet Indonesia Maju.

"Negatifnya apa? Kalau ada orang yang berharap terlalu tinggi, ketika kemudian tidak mampu menjawab harapan mereka, mereka juga bisa membenci lebih," ujar mantan juru bicara badan pemenangan Prabowo-Sandiaga itu saat Pilpres 2019.

Baca juga: Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri Terbaik di Kabinet Jokowi

Dahnil menambahkan, Prabowo juga tidak akan menggunakan hasil survei Indo Barometer sebagai alat politik di Pemilu 2024. Prabowo, lanjut Dahnil, ingin fokus menyelesaikan persoalan pertahanan di Indonesia.

"Jadi, kalau diajak membicarakan politik, itu selalu (Prabowo jawab), saya mau fokus mengurusi pertahanan. Jadi kalau anda buka komentar politik, bahkan dengan kami di internal, nyaris Pak Prabowo enggak pernah bicara masalah politik," ujar Dahnil.

Dahnil menegaskan, hasil survei Indo Barometer terlalu dini untuk membicarakan pesta demokrasi lima tahunan Indonesia.

"Sebab, itu jauh sekali. Urusan politik banyak diurus teman-teman pengurus (Gerindra) secara langsung dan DPR," ucap dia.

Sebelumnya, survei Indo Barometer menyatakan Prabowo merupakan menteri dengan kinerja paling baik di Kabinet Indonesia Maju.

Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menyebutkan, sebanyak 26,8% publik menilai Prabowo bekerja bagus selama 100 hari pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin.

"Penilaian publik, Prabowo memiliki kinerja bagus," kata Qodari.

Prabowo dianggap tegas, ahli, dan menguasai permasalahan di bidangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini