Pemerintah Buka Opsi Observasi 74 WNI Kru Kapal Diamond Princess di Natuna

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 20 Februari 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 337 2171551 pemerintah-buka-opsi-observasi-74-wni-kru-kapal-diamond-princess-di-natuna-KdEKLCa2Ef.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto : Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Pemerintah menyebut 74 warga negara Indonesia (WNI) yang rencananya dievakuasi dari kapal Diamond Princess harus menjalani observasi kesehatan selama 14 hari. Kemungkinan mereka diobservasi di Natuna, sama halnya seperti 238 WNI yang dievakuasi dari China. Namun opsi ini belum diputuskan.

"Kemungkinan (di Natuna-red). Tadi kami sudah mengajukan beberapa opsi kepada Bapak Presiden dan masih akan dipertimbangkan," kata Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Istana Negara, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Muhadjir baru saja menghadap Presiden Jokowi untuk membicarakan rencana evakuasi 74 WNI di kapal Diamond Princes yang bersandar di Yokohama, Jepang.

Muhadjir mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan opsi evakuasi WNI tersebut ke Jokowi. Dalam satu atau dua hari ke depan, Kepala Negara akan memberikan keputusan.

"Presiden akan mempertimbangkan satu atau dua hari ini keputusan di tangan beliau. Saya yakin Presiden akan mempertimbangkan dengan jernih seperti pengalaman saat kita bimbang evakuasi dari Wuhan, beliaulah yang membuat keputusan terakhir dan kita lakukan alhamdulilah dilakukan dengan baik," tutur dia.

Kapal pesiar Diamond Princess (China Daily)

Jika pun jadi dilakukan, Muhadjir memastikan puluhan orang yang dievakuasi tersebut dalam kondisi sehat. Sementara WNI yang tidak sehat alias terjangkit virus korona tidak akan dipulangkan.

"Kalau yang sakit tidak boleh dievakuasi kan harus dirawat di sana, ini yang evakuasi yang sehat cuma kasusnya agak beda di Wuhan dengan yang di kapal ini," tuturnya.

"Sehat dalam tanda petik artinya tetap harus ada observasi bahkan mungkin akan beda perlakuannya dibanding Wuhan," tutur Muhadjir.


Baca Juga : Menko PMK Sebut WNI Positif Korona Tak Boleh Dievakuasi

Sekadar informasi, empat warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal pesiar Diamond Priscess dinyatakan positif terinfeksi virus korona atau Covid-19.

Baca Juga : WNI yang Kuliah di China Sudah Mulai Perkuliahan Secara Online

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini