Peristiwa 20 Februari: Gas Beracun di Dieng hingga Dibentuknya Liga Primer Inggris

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 20 Februari 2020 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 337 2171247 peristiwa-20-februari-gas-beracun-di-dieng-hingga-dibentuknya-liga-primer-inggris-qMY67rqXKQ.jpg Dataran Tinggi Dieng. (Foto: Wikipedia.org)

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah di dunia terjadi pada 20 Februari. Sebut saja peristiwa bencana alam gas beracun di Dataran Tinggi Dieng sampai dibentuknya Liga Primer Inggris.

Guna mengingat ataupun menambah wawasan terkait peristiwa hari ini, Okezone pun telah merangkumnya, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Kamis (20/2/2020):

1979 – Bencana Alam Gas Beracun di Dieng

Pada 20 Februari 1979 terjadi bencana alam gempa dan gas beracun di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Kejadian tersebut mengakibatkan tewasnya 149 orang.

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kawasan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

1967 – Kelahiran Musisi Kurt Cobain

Kurt Donald Cobain adalah penyanyi, penulis lagu, dan gitaris sebuah band beraliran grunge dari Kota Seattle, Amerika Serikat, bernama Nirvana. Dengan suksesnya grup musik ini, Kurt Cobain menjadi selebritas nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati. Ia pun wafat pada 6 April 1994.

1986 – Uni Soviet Luncurkan Stasiun Ruang Angkasa

Stasiun Luar Angkasa Internasional adalah sebuah gabungan rencana stasiun luar angkasa, khususnya Mir 2 Rusia, Stasiun Luar Angkasa Freedom Amerika Serikat, dan Fasilitas Orbital Columbus Eropa yang mewakilkan kehadiran manusia di luar angkasa. Stasiun ini telah ditempati oleh paling tidak dua orang sejak 2 November 2000.

Setiap kali pergantian awak, keempat personel lama dan baru ada di sana dan juga paling tidak satu pengunjung lainnya.

1992 – Dibentuknya Liga Primer Inggris

Liga Utama Inggris atau Liga Primer Inggris adalah kompetisi tertinggi dalam sistem pertandingan sepakbola di Inggris. Kompetisi ini diikuti oleh 20 klub. Liga Primer Inggris ini menerapkan sistem promosi dan degradasi dengan English Football League (EFL).

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini