nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY Dorong Regenerasi Kepemimpinan di Demokrat

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 337 2171157 sby-dorong-regenerasi-kepemimpinan-di-demokrat-qpfwLn0sYs.jpg Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendorong adanya regenerasi kepemimpinan di Demokrat. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarif Hasan menjelang kongres Partai Demokrat.

Terkait adanya isu peluang AHY atau Ibas akan memimpin Partai Demokrat, Syarif mengaku tidak tahu. Yang jelas, proses regenerasi di Demokrat itu alami dan diperlukan.

"Ini bukan menyangkut masalah ikhlas atau tidak ikhlas. Tetapi proses regenerasi itu perlu. Kita di Demokrat sangat memahami itu. Jadi apalagi Pak SBY sangat mendorong ada proses regenerasi," kata Syarif Hasan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Namun begitu, hingga kini partai berlambang Mercy Biru itu belum menentukan secara resmi pelaksanaannya. "Yang pasti (jadwal kongres) enggak tahu. Yang pasti paling lambat Mei tahun ini," kata Syarif.

AHY

Baca Juga: Demokrat Sebut AHY dan Ibas Bisa Jadi Pengganti SBY

Menurut Syarif, pelaksanaan Kongres bisa dipercepat jika ada usulan dari pengurus daerah yakni DPD dan DPC Demokrat. Namun, ia memastikan tidak ada pelaksanaan Rakernas (rapat kerja nasional) sebelum Kongres.

"Enggak ada (Rakernas). Langsung kongres. Nah kalau mau dipercepat (bisa) atas dasar usulan dari DPD, DPC," kata Syarif.

Wakil Ketua MPR ini mengakui tak dapat dipungkiri peluang dibuatnya Kongres Luar Biasa (KLB) mungkin saja dilakukan, mengingat adanya beberapa hal yang perlu direspons secara cepat seperti misalnya Pilkada Serentak 2020.

"Bisa saja jatuhnya KLB, kan hal-hal yang perlu ditanggapi misalnya meningkatkan kosolidasi menghadapi pilkada. Itu kan juga urgent," ucap Syarif.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini