nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Sebut Perburuan Harun Masiku Ujian Berat KPK

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 19:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 19 337 2171054 dpr-sebut-perburuan-harun-masiku-ujian-berat-bagi-kpk-WdbQF4g6pN.jpg Anggota Komisi III DPR Harun Masiku (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI, Benny K Harman meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meningkatkan pencarian terhadap tersangka kasus suap Harun Masiku. Sebab, ini merupakan ujian berat dan akan menjadi pertaruhan nama baik KPK di era Firli Bahuri.

"Kan sudah berkali-kali saya bilang, pertama KPK saya minta untuk tingkatkan pencarian (Harun) Masiku. Karena kasus (Harun) Masiku ini akan menjadi ujian apakah ada versi baru ini lolos atau tidak. Ini ujian berat bagi KPK versi baru," katanya di Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Baca Juga: Tim Independen Ungkap Penyebab Kesimpangsiuran Data Kedatangan Harun Masiku

Menurut Benny, jika KPK tidak sanggup menangkap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu. Maka, KPK telah gagal mengungkap kasus yang juga melibatkan mantan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan.

Namun, jika KPK berhasil menangkapnya maka kepercayaan publik akan kembali lagi. "Apabila dapat dia (Masiku), maka lolos lah KPK. Apabila kalah ya sudah," ucapnya.

Harun Masiku Foto: KPU

Benny menegaskan, KPK tidak perlu sungkan meminta bantuan kepada Polri maupun Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mendeteksi keberadaan Harun Masiku. Pihaknya justru mendorong agar KPK meminta bantuan kepada Polri dan BIN.

"Kalau minta bantuan Kapolri itu kan sudah berapa Polsek. Polres saja mungkin 500-an. Katakanlah setiap Polres punya 10 Polsek. Udah 5.000 itu. Masa enggak dapat (Harun) Masiku," ungkapnya.

Baca Juga: KPK Telusuri Aliran Suap PAW Anggota DPR ke Keluarga Wahyu Setiawan

Ditambahkan Benny, jika kerjasama dengan petugas penegak hukum lainnya sudah maksimal, namun Harun Masiku masih belum tertangkap. Maka, Benny menduga kuat bahwa Harun Masiku disembunyikan.

"Jadi, menurut saya, di zaman begini, susah dipercaya bahwa Masiku ini melarikan diri atau bersembunyi, di zaman begini ini, lebih tepat kalau (Harun) Masiku itu disembunyikan. Dugaan saya disembunyikan," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini