Maju Lagi di Pilbup Banggai, Herwin Yatim Fokus ke Pembangunan SDM hingga Kesehatan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 19 Februari 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 337 2170843 maju-lagi-di-pilbup-banggai-herwin-yatim-fokus-ke-pembangunan-sdm-hingga-kesehatan-CpSDCN9b3P.jpg Partai Perindo Resmi Dukung Herwin Yatim di Pilkada Banggai 2020 (foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Calon petahana Bupati Banggai Herwin Yatim ingin mempertahankan capaian luar biasa kinerja Kabupaten Banggai selama empat tahun dirinya menjabat bila terpilih kembali di Pilbup Banggai 2020.

Menurut dia, visi dan misinya bersama calon petahana Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo masih belum tuntas dikerjakan. Pasalnya, kata dia, pihaknya ingin menjadikan Banggai sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, pertanian, hingga kemaritiman yang pembangunannya berdasarkan kearifan lokal dan kebudayaan.

Baca Juga: Didukung Perindo, Herwin Yatim Targetkan Kemenangan 62% di Pilbup Banggai 

"Banyak yang kemudian pembangunan yang tidak memperhatikan kearifan lokalnya. Makanya (masyarakat lokalnya) terbuang karena hanya memperhatikan proses pembangunan dan tidak tahu masalah kebijakan untuk masyarakat lokal. Dan ini harus terus kita perhatikan ke depan," ujar Herwin di DPP Perindo, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Partai Perindo Resmi Dukung Herwin Yatimdi Pilkada Banggai 2020 (foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)	 

Herwin memaparkan hasil kinerjanya di periode pertama pemerintahannya. Ia ingin Pemkab Banggai fokus dalam sektor pendidikan guna membangun sumber daya manusia (SDM) dan kesehatan.

"(Selama ini) visi kami diakui sampai tingkat nasional. Seperti pencegahan stunting. Daerah seperti Banggai ini dulu tidak dikenal. Alhamdulillah Bappenas dan WHO sudah kenal kami karena kami punya inovasi pencegahan stunting dengan tersturktur, sistematis dan masif di daerah kami," papar dia.

Herwin menerangkan, angka stunting pada 2016 mencapai 36% di Banggai. Namun, lanjut dia, angka tersebut sudah turun menjadi 30% pada tahun ini.

"Dan harapan kami dengan jabatan ke depan tinggal 10 persen. Kami punya sistem dan kita mewakili Indonesia dari kegiatan nasional maupun internasional," katanya.

Baca Juga: Perindo Sulteng Ingin Herwin-Mustar Lanjutkan Kepemimpinan di Banggai 

Ia menambahkan, pihaknya telah membentuk gerakan moral untuk menekan angka stunting dengan mengajak warga Banggai menjaga kebersihan lingkungan, hingga gizi makanan yang akan dikonsumsi, sampai dengan penataan lingkungan tempat tinggal.

"Dan kami mendapat adipura ketiga kali dan ini suatu prestasi yang harus kita lanjutkan," pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini