nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalin Imbas Longsor di Tol Cipularang

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 337 2170814 korlantas-polri-siapkan-rekayasa-lalin-imbas-longsor-di-tol-cipularang-UQPi4Alkwe.jpg Longsor di Tol Cipularang (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)

PADALARANG - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan, tengah menyiapkan sejumlah skema pengalihan arus lalu lintas terkait tanah longsor yang terjadi di Tol Cipularang Kilometer 118+600.

Menurutnya, pengalihan arus itu sendiri dilakukan secara situasional bila terjadi situasi tertentu. "Bila ada emergency, sudah kita siapkan langkah-langkah alternatif jangka pendek," kata Istiono saat meninjau lokasi longsor, Rabu (19/2/2020).

Situasi darurat yang dimaksud, kata Istiono, seperti kondisi cuaca ekstrem, dan meningkatnya volume kendaraan. Jika hal itu terjadi, pihaknya akan segera menerapkan sejumlah skema lalu lintas yang sudah disiapkan.

"Termasuk bila ada emergency plan terjadi yang sangat emergency misalnya dari cuaca yang mempengaruhi kondisi perbaikan juga kita lakukan langkah-langkah alternatif," tuturnya.

Baca Juga: Kakorlantas Polri Sebut Longsor di Tol Cipularang Akibat Aliran Air Tersumbat

"Ini kita lakukan contraflow bila ada masalah, kalau lancar begini enggak perlu kita contraflow, tapi kalau ada kepadatan, sampai ada antrean panjang mengganggu pengguna jalan langsung kita mainkan contraflow," ujar Istiono.

longsor di Tol Cipularang

Selain contraflow, polisi juga menyiapkan pengalihan arus dari Bandung menuju Jakarta yakni melalui jalur altileri Subang masuk ke Gerbang Tol Cilameri, dan Gerbang Tol Cikatama, dan Jakarta.

Selain itu, pengalihan juga disiapkan dari Bandung melintasi Padalarang Timur, Cikalong Wetan, keluar di Gerbang Tol Jatiluhur, dan tiba di Jakarta.

"Itu nanti rambu dan personel sudah kita siapkan dan sudah survei, oleh karena itu bila ada trigger dan masalah di titik ini segera akan kita lakukan langkah alternatif, itu yang sedang kita siapkan dan ini tentu bisa diketahui," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini