nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemhanas Jajaki Penggunaan Sumber Informasi Terbuka untuk Pengumpulan Intelijen

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 13:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 337 2170799 lemhanas-jajaki-penggunaan-sumber-informasi-terbuka-untuk-pengumpulan-intelijen-uFegbcKPgM.jpeg Gubernur Lemhanas Letnan Jenderal (purn.) Agus Widjojo. (Foto: Amril/Okezone)

JAKARTA – Informasi sumber terbuka (open source) bisa menjadi bentuk intelijen penting yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan, terutama dalam bidang pertahanan. Hal itu diungkapkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, Letnan Jenderal (purn.) Agus Widjojo dalam sebuah lokakarya di Jakarta, Rabu, 19 Februari 2020.

Dalam keterangan kepada wartawan, Letjen Agus menjelaskan bahwa pengumpulan informasi intelijen tidak selalu harus dilakukan secara rahasia dengan alat-alat canggih seperti yang banyak dibayangkan orang.

Menurutnya, informasi tersebut bisa didapatkan melalui sumber-sumber terbuka yang tersedia secara luas dan bisa diakses oleh siapa saja.

“Dengan informasi sumber terbuka atau open source information, apabila kita bisa mengolahnya dengan baik, itu bisa menjurus menjadi bentuk intelijen yang sangat berguna bagi proses pembuatan keputusan dalam fungsi pertahanan keamanan,” jelas Letjen Agus saat ditemui di The Dharmawangsa, Rabu (19/2/2020).

Untuk memaksimalkan pengumpulan dan analisis dari sumber-sumber informasi terbuka itu, Lemhanas menggandeng aktor non-negara, Jane’s Information Group sebagai mitranya.

Keterlibatan perusahaan yang berbasis di Inggris itu akan membantu Indonesia dalam mengidentifikasi informasi-informasi dari sumber terbuka, menganalisisnya menjadi hal-hal yang ingin diketahui terkait dengan pertahanan dan keamanan, dan mengubahnya menjadi sebuah bentuk intelijen.

Dengan kerja sama ini, Lemhanas berharap sumber informasi terbuka akan dapat digunakan lebih banyak lagi dalam pengumpulan informasi yang mendukung pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan dalam menjalankan fungsi pertahanan keamanan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini