Putra Sulung Bupati Nonaktif Sidoarjo Dipanggil KPK Terkait Suap Proyek

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 19 Februari 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 337 2170715 putra-sulung-bupati-nonaktif-sidoarjo-dipanggil-kpk-terkait-suap-proyek-iKMim3cAaB.JPG Gedung KPK. (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Achmad Amir Aslichin. Achmad Amir merupakan putra sulung Bupati non-aktif Sidoarjo, Saiful Ilah.

Sedianya, Achmad Amir akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi terkait kasus dugaan suap terkait pengadaan proyek infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo. Ia akan dimintai keterangannya untuk tersangka Ibnu Ghofur (IBN).

"Yang bersangkutan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka IBN," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (19/2/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri. (Foto : Okezone.com/Arie Dwi Satrio)

Belum diketahui kaitan Achmad Amir Aslichin dengan perkara ini. KPK disinyalir sedang mengusut dugaan aliran suap Bupati nonaktif Sidoarjo, Saiful Ilah serta konstruksi perkaranya dengan memintai keterangan Achmad Amir.

Sejauh ini, KPK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan proyek infrastruktur di Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Keenamnya adalah Bupati non-aktif Sidoarjo, Saiful Ilah; Kadis PU BMSDA Kabupaten Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih; PPK Dinas PU BMSDA Sidoarjo, Judi Tetrahastoto; Kabag ULP, Sanadjihitu Sangadji; dan dua pihak swasta, Ibnu Ghopur serta Totok Sumedi.


Baca Juga : Geledah Rumdin Bupati Sidoarjo, KPK Sita Duit Rp1 Miliar dan Mata Uang Asing

Saiful, Sunarti, Judi, dan Sanadjihitu diduga telah menerima uang suap dari Ibnu Ghopur dan Totok Sumedi. Suap itu berkaitan dengan pengurusan empat proyek di Dinas PUPR dalam rentang waktu Agustus-September 2019.


Baca Juga : KPK Ambil Sampel Suara Bupati Non-aktif Sidoarjo

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini