nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seloroh Mahfud MD Terkait Cara Pemulangan Anak-Anak WNI Eks ISIS

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 15:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 18 337 2170342 seloroh-mahfud-md-terkait-cara-pemulangan-anak-anak-wni-eks-isis-tZyms5J0sp.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Pemerintah membuka opsi pemulangan anak-anak WNI eks ISIS yang telah yatim piatu. Namun, hingga kini skema pemulangan terhadap mereka belum kunjung ditetapkan.

Mahfud justru menjawab pertanyaan para pewarta dengan canda lantaran hingga kini pemerintah masih mendata, belum sampai pada skema pemulangan tersebut.

"Itu kan sudah opsi. Bisa naik pesawat, bisa naik perahu kalau cara pulang. Kok cara pulang kamu tanya," kata Menkopolhukam Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

"Naik sepeda bisa dari camp ke bandara naik sepeda, naik becak, terus naik pesawat, kalau cara pulang ya," selorohnya.

Kendati demikian, Mahfud memastikan proses pendataan terhadap WNI eks ISIS masih berlangsung. Setelah rampung, barulah nanti bisa diambil keputusan ihwal pemulangan anak-anak.

"Pasti saatnya diputuskan dong. Sekarang kan masih didata ada benar enggak tuh anak-anak," tandas dia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang memulangkan anak-anak WNI bekas pengikut ISIS di Timur Tengah. Namun, Jokowi belum tahu apakah ada anak dalam kondisi yatim piatu atau tidak di sana.

Baca Juga : Cara Fachrul Razi Berantas Korupsi di Kementerian Agama

"Kita memang masih memberikan peluang untuk yang yatim, yatim piatu yang ada berada pada posisi anak-anak. Tapi kita belum tahu apakah ada atau tidak ada," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Februari 2020.

Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mengidentifikasi identitas serta jumlah WNI eks ISIS di Timur Tengah. Identifikasi diperlukan agar pemerintah mengetahui ada atau tidak anak yang yatim piatu di sana.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini