Presiden Jokowi Pimpin Ratas Bahas Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 337 2170228 presiden-jokowi-pimpin-ratas-bahas-indonesia-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-basket-2023-HL0f91XbcN.JPG Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres RI/Kris)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat terbatas tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023. Dalam rapat itu, Kepala Negara mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan dengan baik karena Indonesia didapuk menjadi salah satu tuan rumah.

"Indonesia, Filipina dan Jepang terpilih jadi tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023. Ini merupakan kepercayaan dunia internasional kepada negara kita yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Beberapa hal yang mesti diperhatikan antara lain terkait regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan FIBA 2023. Kendati waktu penyelenggaraan masih tiga tahun lagi, Jokowi meminta jajarannya mempersiapkan hal ini.

"Penting untuk kita siapkan, baik aturan hukum, regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan piala dunia bola basket di 2023," katanya.

"Termasuk juga persiapan pengalokasian anggaran dan peyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi kepada FIBA," tambah Presiden.

Selain itu, Jokowi meminta agar dibentuk panitia pelaksana (organizing commitee). Nantinya, mereka akan menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif.

"Mulai dari perencanaan, penganggaran, kegiatan pra-event termasuk keamanan dan pengamanan, kesehatan dan lain-lainnya. Juga di dalamnya, mempromosikan wajah baru indonesia mengenalkan pariwisata, dan lain-lain," ujar Jokowi.

Kepala Negara juga meminta agar venue yang akan digunakan disiapkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan FIBA. Mulai dari tempat duduk, ruang ganti, lapangan pertandingan, lantai kayu, area kesehatan, internet, serta pelayanan lainnya.

"Terakhir, saya minta disapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023 yang akan datang," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini