KPK Panggil Keluarga Wahyu Setiawan Terkait Suap PAW Anggota DPR

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 18 Februari 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 337 2170164 kpk-panggil-keluarga-wahyu-setiawan-terkait-suap-paw-anggota-dpr-1Df4jki7gI.jpg Plt Jubir KPK, Ali Fikri (foto: iNews.id)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap seorang Wiraswasta, Ika Indrayani dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR Pergantian Antar Waktu (PAW). Ika merupakan anggota keluarga mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Sedianya, Ika akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan Wahyu Setiawan (WS). Wahyu Setiawan adalah salah satu tersangka dalam kasus ini.

"Yang bersangkutan dipanggil untuk diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (18/2/2020).

 Baca juga: Menkumham Segera Umumkan Investigasi Kesimpangsiuran Informasi Kepulangan Harun Masiku

Saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Wahyu Setiawan, Ika sempat turut diamankan. Namun, KPK melepas kembali setelah dilakukan pemeriksaan karena berstatus sebagai saksi. Belum diketahui apa yang akan digali penyidik pada pemeriksaan Ika, hari ini.

Sejauh ini, KPK telah menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPR RI. Empat tersangka tersebut yakni, mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (WS), mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF).

Kemudian, Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Harun Masiku (HAR) dan pihak swasta, Saeful (SAE). Wahyu dan Agustiani ditetapkan sebagai pihak penerima suap. Sedangkan Harun dan Saeful merupakan pihak yang memberikan suap.

 Baca juga: Polri: Pihak yang Sembunyikan Harun Masiku Akan Dijerat Pidana!

Saat ini, KPK baru menahan Wahyu Setiawan, Saeful, dan Agustiani Tio Fridelina. Sedangkan Harun Masiku, masih diburu oleh KPK. KPK sudah mendaftarkan Harun Masiku ke Polri sebagai buronan dan mencegahnya untuk bepergian ke luar negeri.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini