nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tampilkan Dokumen soal Papua dari Veronica Koman, Mahfud MD: Tidak Ada Apa-apanya

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 08:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 18 337 2170074 tampilkan-dokumen-soal-papua-dari-veronica-koman-mahfud-md-tidak-ada-apa-apanya-dZeAUXXjzq.jpg Menko Polhukam Mahfud MD Tampilkan Dokumen soal Papua yang Diklaim dari Veronica Koman (foto: Okezone/Puteranegara)

JAKARTA - Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menampilkan dokumen soal Papua yang diklaim oleh Veronica Koman. Mahfud menyebut mendapatkan dokumen 57 nama yang diduga sebagai tahanan politik itu diperoleh lewat BEM Universitas Indonesia pagi hari ini.

"Hari ini saya dapat dari Veronica yang katanya itu yang diberikan ke presiden dan dititpkan ke BEM UI saat saya beri kuliah umum tadi. Saya dititipi, ini titipan dari Veronica, katanya itu yang diberikan kepada Presiden," kata Mahfud saat dijumpai di Hotel Bidakara Jakarta, Senin 17 Februari 2020.

Baca Juga: BEM UI Serahkan Dokumen soal Pelanggaran HAM di Papua ke Mahfud MD 

Mahfud menyebut, dokumen diserahkan Veronica tidak seperti apa yang dibayangkan atau dibicarakan banyak pihak. Pasalnya, kata dia, Veronica hanya melampirkan dua lembar kertas berisi nama-nama orang diduga tahanan politik seperti yang diungkapkannya.

"Ini tidak lebih dari dua lembar dan ini hanya semacam sketsa daftar nama yang tidak ada identitasnya, tidak ada apa-apanya, tidak lebih dari ini," ujar Mahfud.

Veronica Koman. (Foto: Twitter @VeronicaKoman/@davidlipson)	 

Namun, Mahfud menegaskan pihaknya tidak akan mengecilkan laporan yang diterima. Menurutnya, pihaknya akan mendalami apapun bentuk informasi yang diterima.

"Lalu apakah ini sampah? Tidak juga, akan kita pelajari," tutur Mahfud.

Sekadar diketahui, Veronica mengaku telah menyerahkan dokumen kepada Presiden Joko Widodo tentang 57 tahanan politik serta 243 korban sipil yang tewas di Nduga, Papua, sejak Desember 2018.

Baca Juga: Veronica Koman ke Parlemen Australia Jelaskan Situasi Papua

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini