nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu Sebut 362 WNI di Kapal Westerdam Tidak Terinfeksi Virus Korona

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 19:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 17 337 2169911 menlu-sebut-362-wni-di-kapal-westerdam-tidak-terinfeksi-virus-korona-hcIn9aE7QK.jpg Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi mengonfirmasi ada 362 warga negara Indonesia (WNI) di dalam Kapal Pesiar MV Westerdam, yang tengah berlabuh di Kamboja. Seluruh WNI dinyatakan sehat atau tidak terinfeksi virus korona.

"WNI kita yang ada di Kapal Westerdam yang saat ini berlabuh di Kamboja. WNI kru kita adalah yang kru yang terbesar. Jumlahnya 362. Nah dari 362 ini, pada saat mereka berlabuh, mereka dalam kondisi sehat," kata Retno di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2/2020).

 Baca juga: Penumpang Terinfeksi Virus Korona di Kapal Diamond Princess Meningkat Jadi 454

Menurut Retno, dari jumlah itu, ada 60 orang yang kontrak kerjanya sudah selesai dan akan pulang. Namun belakangan beberapa di antaranya justru diperpanjang.

"Sehingga yang sudah kembali di Indonesia adalah 27 orang. Dan mereka juga begitu tiba sudah dilakukan pengecekan semua oleh tim Kementerian Kesehatan. Diberikan juga health alert card dan sejauh ini mereka ada dalam kondisi sehat," tuturnya.

 Baca juga: Kominfo Imbau Penyelenggara Pos Antisipasi Penyebaran Virus Korona

"Nah menurut informasi kapal tersebut, kapal itu akan sandar sampai 27 Februari. Itu adalah informasi per detik ini," tambah Retno.

Sekadar informasi, Kapal Pesiar MV Westerdam akhirnya berlabuh di Kamboja, setelah mendapatkan penolakan dari 5 negara. Operator kapal pesiar, Holland America Line mengatakan, di antara 1.455 penumpangnya dan awak kapal, tidak ada yang terinfeksi virus korona Covid-19.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini