Jadi Menteri Terpopuler di Kabinet Jokowi-Ma'ruf, Golkar Apresiasi Kinerja Prabowo

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 17 Februari 2020 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 337 2169650 jadi-menteri-terpopuler-di-kabinet-jokowi-ma-ruf-golkar-apresiasi-kinerja-prabowo-oHTEWGPC6F.JPG Waketum Partai Golkar, Azis Syamsuddin (Foto: Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer merilis Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto sebagai salah satu menteri yang paling terkenal atau populer di Kabinet Indonesia Maju (KIM) Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Azis Syamsuddin menyambut baik hasil survei tersebut. Apalagi dahulu, Prabowo merupakan rival dari Presiden Jokowi saat Pilpres 2019 lalu.

"Kan malah bagus. Yang tadinya oposisi kemudian menjadi koalisi dan jadi yang terbaik," ungkap Azis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Wakil Ketua DPR ini pun mengapresiasi kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Sehingga bisa mendapatkan tanggapan yang baik dari masyarakat. "Bagus, apresiasi tinggi," ungkapnya.

Baca juga: Prabowo Subianto Menteri Paling Terkenal di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Terkait menteri dari Partai Golkar yang tidak masuk tiga besar jajaran teratas survei tersebut, Azis menekankan bahwa partainya enggan mempersoalkan.

Azis berkelakar bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri BUMN Erick Thonir yang berada di posisi kedua serta ketiga tingkat kepopulerannya berada di bawah pengarahan Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Prabowo Subianto

"Kan Menkeu dan Menteri BUMN di bawah koordinasi Menko Perekonomian. Kan di bawah guidance, pengarahan di bawah rapat koordinasi," tuturnya.

Baca juga: Survei Indo Barometer: 70,1% Publik Puas dengan Kinerja Jokowi

Diketahui sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi pembantu presiden paling populer di Kabinet Indonesia Maju. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indo Barometer.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari mengatakan, tingkat kepopuleran Prabowo tinggi lantaran yang bersangkutan telah dua kali manjadi calon presiden dalam sebuah pesta demokrasi lima tahunan. Nilai popularitas Ketua Umum Partai Gerindra itu sebesar 18,4 persen.

Berada di posisi kedua, adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan nilai 10,6 persen dan peringkat ketiga Menteri BUMN Erick Thohir, yakni sebesar 8,2 persen.

Di posisi selanjutnya, ada Menko Polhukam Mahfud MD 7,9 persen, Mendikbud Nadiem Makarim 5,3 persen, Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan 5,2 persen, Mendagri Tito Karnavian 5 persen, Kepala KSP Moeldoko 3,2 persen, Menteri KKP Edhy Prabowo 2,5 persen, serta Seskab Pramono Anung 2,2 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini