Kemendagri Akan Bantu BPS Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 Online

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 16 Februari 2020 23:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 337 2169427 kemendagri-akan-bantu-bps-sosialisasikan-sensus-penduduk-2020-online-PVCboXcACL.JPG Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrullah. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh menyatakan pihaknya akan membantu Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyosialisasikan program sensus online kepada masyarakat. Sebab, kini masih banyak warga yang tak mengerti tata cara pengisian data kependudukan secara elektronik tersebut.

"Kita bantu BPS untuk sosialisasi (sensus online-red)," kata Zudan kepada wartawan, Minggu (16/2/2020).

Selain itu, lanjut dia, Mendagri Tito Karnavian ptelah menerbitkan surat edaran kepada gubernur, wali kota, dan bupati untuk ikut serta menyukseskan program tersebut. Namun, ia tak menyebutkan secara rinci ihwal nomor surat yang dikeluarkan oleh Tito itu.

"Mendagri juga membuat surat edaran ke gubernur, bupati dan wali kota untuk sukseskan sensus. Agar pemda juga ikut sosialisasi," ujarnya.

Ia mengaku hingga saat ini pihaknya belum mengetahui jumlah data penduduk yang sudah melakukan sensus secara online. Pasalnya, lembaga yang mempunyai data sensus itu hanya BPS.

"Hanya di BPS (yang punya data sensus online-red)," kata dia.

Sebagaimana diketahui, BPS bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online dalam rangkaian kegiatan pendataan jumlah penduduk di Indonesia.

Pelaksanaan sensus penduduk online itu dimulai pada Sabtu 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Selanjutnya, akan dilakukan proses wawancara pada 1 Juli hingga 31 Juli 2020.

Namun, program itu dinilai masih belum tersosialisasi secara baik. Pasalnya, beberapa masyarakat masih bingung melakukan penginputan data kependudukannya. Salah satunya yaitu, Damar (25) mengaku dirinya kurang mengetahui ihwal tata cara pengisian data sensus online.

"Enggak ngerti cara ngisinya, makanya sampai sekarang belum diisi," ujarnya kepada wartawan, hari ini.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini