Ada Perbaikan Longsor, Pengendara dari Bandung ke Jakarta Diminta Lewat Jalur Alternatif

CDB Yudistira, Okezone · Minggu 16 Februari 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 16 337 2169380 ada-perbaikan-longsor-pengendara-dari-bandung-ke-jakarta-diminta-lewat-jalur-alternatif-VEVxL15byD.jpg Ilustrasi Jalur Puncak (foto: Okezone)

BANDUNG -Pengendara dari Bandung yang mengarah ke Jakarta diimbau menggunakan jalur alternatif. Pasalnya, terjadi kepadatan arus lalu lintas, yang merupakan imbas dari perbaikan di titik longsor yang terjadi di Tol Cipularang KM 118+600 jalur B arah Jakarta atau tepatnya di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

"Lagi ada proyek di KM 118+600 karena itu terjadi kepadatan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes S. Erlangga, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (16/2/2020).

Baca Juga: Heboh Longsor di Dekat Tol Cipularang, BPBD Jabar: Itu Foto Sudah Lama 

Foto Longsor di Dekat Tol Cipularang (foto: Istimewa)

Kepadatan juga terjadi karena adanya peningkatan volume lalu lintas akibat arus balik akhir pekan. "Juga terjadi bottleneck mulai ruas Padaleunyi yang semula tiga lajur dipakai jadi empat lajur ke Ruas Cipularang dua lajur menjadi tiga lajur, di lokasi Longsor Km 118 menjadi 2 lajur," ucap dia.

Ia mengimbau bagi masyarakat pengguna jalan dari Bandung menuju Cikampek, agar menggunakan jalan alternatif, di antaranya menggunakan Jalur Lembang- Subang- Purwakarta- Tol Cikampek. Kemudian jalur alternatif melalui Padalarang - Cianjur - Puncak.

Seperti diketahui, Tebing setinggi kurang lebih 20 meter, alami longsor dan materialnya menimpa rumah warga di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Ada Longsor, Tol Cipularang Masih Aman Dilintasi 

Kejadian longsor itu, terjadi pada Selasa 11 Februari 2020 malam, sekira pukul 19.00 WIB. Selain menimbun rumah warga, material tanah pun menimbun persawahan.

Lokasi longsoran berada di bawah jalan tol Purbaleunyi, tepatnya di kilometer 118+600 jalur B arah Jakarta. Titik longsor hanya berjarak kurang lebih delapan meter dari titik longsor.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini