7 Peristiwa Terpopuler Pekan Ini, Terciduknya Lucinta Luna hingga Paparan Radioaktif

Alfina Nuraini, Okezone · Sabtu 15 Februari 2020 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 337 2169079 7-peristiwa-terpopuler-pekan-ini-terciduknya-lucinta-luna-hingga-paparan-radioaktif-DYaDDBPjH7.jpg Pelepasan 238 WNI yang diobservasi di Natuna untuk dipulangkan ke kampung masing-masing (Foto BNPB)

JAKARTA – Berbagai peristiwa mewarnai Indonesia dalam sepekan terakhir. Wabah virus korona atau Covid-19 tentu saja masih ramai dibahas mengingat sebarannya kini sudah makin luas dan menewaskan lebih 1.000 orang.

Selain pemulangan warga Indonesia yang diobservasi terkait virus koroba di Natuna, sepekan terakhir warga Tanah Air juga dihebohkan rencana pemulangan WNI eks pengikut ISIS dari Timur Tengah. Kemudian ada paparan radioaktif di area perumahan warga di Tangerang Selatan.

Berikut 7 isu yang menarik perhatian warga Indonesia selama sepekan terakhir yang dirangkum Okezone:

1. Kepulangan WNI dari Natuna

Setelah 14 hari menjalani masa observasi untuk memastikan tak terpapar virus korona atau Covid-19, sebanyak 238 WNI akhirnya dipulangkan dari Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: 238 WNI Diobservasi di Natuna Sehat, Silakan Berbaur dengan Masyarakat

Para WNI yang sebelumnya tinggal di Wuhan, China itu dipulangkan dari Lanud Raden Sadjad, Natuna menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur dengan pesawat TNI AU. Pemerintah memastikan bahwa ke 238 WNI itu sehat dan bebas dari paparan korona.

 Natuna

Dari Bandara Halim Perdanakusuma, mereka akan diterbangkan ke kampung halaman masing-masing.

2. Penangkapan Lucinta Luna

Penangkapan artis sensasional Lucinta Luna jadi sorotan publik. Dia tangkap di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat, Selasa 11 Februari 2020, bersama tiga temannya.

Lucinta dinyatakan positif mengonsumsi obat penenang yang masuk jenis narkoba dan urinenya mengandung benzodiazepine. Dia akhirnya ditetapkan tersangka.

Pasca-jadi tersangka, polisi sempat bingung menentukan jenis kelamin Lucinta Luna. Pasalnya di KTP tertera jenis kelaminnya perempuan, tapi di paspor laki-laki. Lucinta Luna memang terlahir dengan nama Muhammad Fatah.Lucinta Luna

Lucinta Luna (Okezone)

Dia kemudian operasi kelamin dan mengganti jenis kelamin serta namanya jadi Ayluna Putri.

Usai mendapat putusan pengadilan terkait perubahan jenis kelamin, polisi akhirnya memutuskan menahan Lucinta Luna di sel perempuan.

Baca juga: Lucinta Luna: Saya Ayluna Putri Minta Maaf ke Masyarakat Indonesia

Lucinta meminta maaf karena kesalahannya. Kepada media, dia mengaku mengkonsumsi narkoba untuk mengatasi depresi karena sering dibully.

3. Siswa yang dibully Purworejo

Video penganiayaan dan perundungan seorang siswi SMP Muhammadiyah Butuh, Purworejo, Jawa Tengah viral di media sosial pada Rabu 12 Februari 2020. Siswi berkebutuhan khusus dipukul berkali-kali oleh beberapa siswa.

Dia tak mampu melawan, hanya tertunduk di meja menahan pukulan bertubi-tubi mulai dari tonjokan, tendangan hingga hantaman gagang sapu.

 siswi bullying

Warganet mengecam keras tindakan brutal para siswa. Polisi akhirnya turun tangan menyelidiki. Tiga siswa pelaku penganiayaan ditangkap dan dijadikan tersangka yakni berinisial TP, DF dan UHA.

Terungkap juga selama ini para pelaku kerap memalak korban. Karena sering diminta uang oleh pelaku, korban akhirnya mengadu ke guru. Para pelaku kesal karena aksinya dilaporkan ke guru sehingga memilih menganiaya korban.

4. Demo Save Babi di Palembang

Ribuan orang berunjuk rasa di Gedung DPRD Sumatera Utara, Senin 10 Februari 2020, menolak wacana pemusnahan ternak babi karena adanya wabah flu babi Afrika.

Baca juga: 46.600 Babi Mati di Sumut, Dinkes Pastikan Virus Kolera Tidak Menular ke Manusia

Massa gerakan #savebabi itu menilai pemusnahan ternak babi akan menghilangkan sumber pendapatan mereka. Banyak warga Batak di Sumut saat ini beternak babi.

Namun, Pemprov Sumut menyangkal pihaknya ingin memusnahkan ternak babi.

5. Pemulangan WNI eks ISIS

Pemerintah memutuskan tidak akan memulangkan ratusan WNI bekas pengikut ISIS dari Timur Tengah, karena dikhawatirkan mereka menyebarkan paham teroris di Indonesia. Keputusan itu diambil dalam rapat kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 11 Februari 2020.

"Pemerintah tak ada rencana memulangkan teroris, " kata Menko Polhukam Mahfud MD di sela paripurna.Mahfud MD

Mahfud MD (Okezone.com/Sarah)

Tapi, pemerintah membuka peluang memulangkan anak yatim piatu dari WNI eks ISIS.

6. Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Rutan Kabanjahe, Sumatera Utara dilanda kerusuhan, Rabu 12 Februari 2020. Para narapidana dan tahanan merusak sejumlah fasilitas rutan dan membakarnya.

Baca juga: 20 Orang Jadi Tersangka Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Menurut Ditjen Pemasyarakatan kerusuhan dipicu oleh razia narkoba yang dilakukan petugas. Ada warga binaan yang dijadikan tersangka karena kedapatan memiliki sabu-sabu dalam rutan. Mereka kemudian memprovokasi warga binaan lainnya hingga terjadi kerusuhan.

Polisi menetapkan 20 orang tersangka kerusuhan itu. Polisi menilai Rutan Kabanjahe sudah melebihi kapasitas.

7. Perumahan di Tangsel Terpapar Radioaktif

Kawasan Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan terpapar radiasi radioaktif. Lokasinya berada di tanah kosong samping lapangan voli Blok J kompleks tersebut. Warga sudah dilarang memasuki lokasi yang sudah dipasang garis pembatas tersebut.

Baca juga: Area Perumahan di Tangsel Terpapar Radioaktif, Warga Dilarang Mendekat

Paparan radioaktif itu ditemukan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapaten). Hasil penelitian menyebutkan bahwa ditemukan nilai paparan radiasi linkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas normal.

 radioaktif

Penyisiran lokasi paparan radioaktif (Okezone.com/Heru)

"Warga diimbau untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, Sabtu (15/2/2020).

Tim Bapeten dan Batan telah mengambil sampel tanah di sekitar lokasi untuk dianalisa di laboratorium. Tim sudah bergerak mencari sumber diduga penyebab kenaikan paparan radiasi. Tim menemukan beberapa serpihan sumber radioaktif berbentuk pasir serta objek lain yang telah bercampur dengan tanah. Salah satu jenis radioaktif yang ditemukan adalah Cesium-137.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini