nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perubahan Skema Dana Bos Bawa "Angin Segar" bagi Guru Honorer

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168931 perubahan-skema-dana-bos-bawa-angin-segar-bagi-guru-honorer-zpyVzQFuEY.JPG Diskusi Polemik MNC Trijaya tentang perubahan skema dana BOS (Foto: Okezone.com/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Pemerintah memastikan kesejahteraan guru honorer melalui perubahan skema dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sebanyak 50 persen dari dana tersebut kini boleh digunakan untuk membayar gaji guru honorer. Angka ini naik signifikan dari sebelumnya hanya 15 persen dari total alokasi.

"Ini kepedulian Kemendikbud terhadap guru yang kurang dapat perhatian, untuk sementara kita lakukan ini dulu," kata Plt Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertema 'Skema Dana Bos, Kenapa Diubah?' di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Ade menjelaskan, Mendikbud Nadiem Makarim telah melakukan kajian cukup lama sebelum mengeluarkan kebijakan 'Merdeka Belajar' episode ketiga ini. Kajian perubahan skema dana BOS ini juga sudah melibatkan semua pihak.

"Kajiannya sudah lama sejak Pak Nadiem masuk ke Kemendikbud, jadi semua pihak mulai dari guru, (stakeholder) pendidikan, terkait dengan itu, semua dibicarakan dan dianalisis dan diambil keputusan," jelasnya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan, kenaikan porsi pembayaran gaji honorer dalam dana BOS dapat meringankan beban kepala sekolah yang sebelumnya kerap mencari dana talangan untuk membayar honor tenaga pendidik.

"Jadi, sering kali kepala sekolah nyari dana talangan. Itu kan punya risiko. Oleh karena itu Kemdikbud mengeluarkan kebijakan ini," ucap dia.

Seperti diketahui, pemerintah mengubah skema penyaluran dana BOS pada 2020. Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening sekolah dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN). Hal tersebut demi memangkas birokrasi.

Dalam kebijakan terbaru ini, sekolah melalui kepala sekolah bisa menggunakan 50 persen dana BOS untuk membayar gaji guru honorer yang selama ini banyak dikeluhkan. Penyaluran dana BOS saat ini diringkas menjadi tiga tahap dan mulai disalurkan paling cepat Januari sesuai kesiapan masing-masing sekolah.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini