nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan WNI dari Natuna Akan Dijemput Pemda Asalnya di Halim Perdanakusuma

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 13:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168923 ratusan-wni-dari-natuna-akan-dijemput-pemda-asalnya-di-halim-perdanakusuma-a1llUmcPML.JPG Ratusan WNI yang diobservasi di Natuna dipulangkan ke daerah asal hari ini (Foto: Ist)

JAKARTA - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, yang telah dikarantina dan diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) akan dipulangkan ke kediamannya masing-masing hari ini, Sabtu (15/2/2020).

Sebelum dikembalikan ke daerah asalnya, ratusan WNI itu akan diterbangkan terlebih dahulu dari Natuna ke Lanud Halim Perdanakusuma. Ratusan WNI itu akan dijemput oleh perwakilan pemerintah daerah (pemda) masing-masing di Lanud Halim Perdanakusuma.

Nantinya, pemerintah akan menyerahkan ratusan WNI itu ke pemdanya masing-masing setelah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma.

"Nanti setelah sampai di Halim, kan langsung kita serahkan di pemda. Nah, ada beberapa pemda yang hari itu juga langsung dibawa ke Soetta (Bandara Soekarno-Hatta) melanjutkan penerbangan. Ada yang diantar ke Halim yang penerbangan umum melanjutkan pesawat. Ada juga yang ke Gambir untuk naik kereta," ungkap Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Achmad Yurianto saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (15/2/2020).

Para pemda berencana memulangkan ratusan WNI itu ke kediamannya masing-masing pada hari ini. Kendati demikian, ada juga sejumlah WNI yang daerah asalnya cukup jauh, akan diinapkan di Jakarta. WNI yang menginap di Jakarta berasal dari daerah Papua, Papua Barat, dan Aceh.

"Tapi ada juga yang bermalam, karena yang penerbangan ke Papua, Papua Barat, Aceh akan dilaksanakan besoknya," bebernya.

Yurianto mendapat informasi, ratusan WNI tersebut akan diberangkatkan dari Natuna sekira pukul 14.00 WIB. Jika tidak ada kendala, para WNI itu akan tiba di Halim Perdanakusuma sekira pukul 16.00 WIB.

"Kita berharap pukul 16.00 WIB sudah sampai di Halim. Dan kalau kita hitung mundur 14.00 WIB sudah take off dari Natuna. Pesawatnya sudah sampai di sini (Natuna)," kata dia.

Sekadar informasi, sebanyak 238 WNI dievakuasi dari Wuhan, China, ke Indonesia menyusul maraknya virus korona (Covid-19). Virus itu dideteksi berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei dan telah berdampak pada meninggalnya ratusan orang.

Mereka kemudian dikarantina dan diobservasi di Natuna selama 14 hari sebelum nantinya dipulangkan ke kediamannya masing-masing. Sejauh ini, ratusan WNI itu dalam keadaan sehat dan hasilnya masih menunjukkan negatif virus korona.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini