nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Warga Tangerang Pulang dari Natuna, Pemkab Tak Siapkan Penjemputan

Isty Maulidya, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 13:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168915 4-warga-tangerang-pulang-dari-natuna-pemkab-tak-siapkan-penjemputan-w6gVxcQUKS.jpg Ratusan WNI dari Wuhan menjalani karantina di Natuna. (Foto/Kemenkes)

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang tidak menyiapkan penjemputan terhadap 4 warganya yang dipulangkan dari Natuna, Kepulauan Riau, usai menjalani karantina prosedur kesehatan pencegahan virus korona atau Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, pihaknya belum menerima instruksi dari Kementerian Kesehatan ataupun pemerintah daerah untuk melakukan pendampingan.

"Kita tahu soal kepulangan itu, tapi belum ada instruksi apa pun soal skenario penjemputannya. Maka untuk saat ini mereka akan dijemput oleh keluarga masing-masing," jelasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: WHO Ingatkan Masyarakat agar Terima WNI yang Dikarantina di Natuna

Baca juga: Daftar Daerah 238 WNI yang Dipulangkan dari Natuna, Terbanyak Jawa Timur

Tarmizi menjelaskan bahwa pihaknya tidak mengetahui identitas 4 warga Kabupaten Tangerang yang akan pulang hari ini. Sebab data menyeluruh mengenai data diri serta alamat rumah sangat dirahasiakan oleh pemerintah daerah.

Namun, kata dia, jika ada instruksi lanjutan pihaknya akan segera menjalankan skenario penjemputan.

"Kita tidak tahu identitas [warga] yang pulang, karena hal itu betul-betul dirahasiakan dari pusat ke daerah. Tapi kalau ada, akan kita lakukan," ungkapnya.

Sebanyak 238 WNI dievakuasi pada Sabtu awal Februari dari Wuhan, pusat Covid-19, sebelum diobservasi di Natuna. Setelah 14 hari, mereka akan diterbangkan ke Bandara Halim Perdanakusuma. Selanjutnya ratusan WNI itu akan diberangkatkan ke daerah masing-masing.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini