nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Pastikan 238 WNI yang Dipulangkan dari Natuna Negatif Virus Korona

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168873 kemenkes-pastikan-238-wni-yang-dipulangkan-dari-natuna-negatif-virus-korona-Zca73bjP3R.jpg WNI dari China yang menjalani observasi di Natuna. (Foto: @KemenkesRI)

JAKARTA – Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, yang selesai menjalani observasi di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, segera dipulangkan ke kediaman masing-masing pada hari ini, Sabtu (15/2/2020).

Pihak Kementerian Kesehatan pun memastikan ratusan WNI itu dalam keadaan sehat walafiat dan bebas virus korona atau Covid-19.

Baca juga: WNI Selesai Diobservasi di Natuna Diterbangkan Menggunakan 4 Pesawat TNI 

"Iya lah sehat semua. Kan kita monitor 14 hari terus-menerus ini. Track record kita day by day per orang ada. Tidak ada (yang terinfeksi). Kan kalau ada yang terinfeksi, pasti masuk rumah sakit," kata Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dokter Achmad Yurianto saat berbincang dengan Okezone, Sabtu (15/2/2020).

Dia saat ini berada di Natuna untuk melakukan pemeriksaan terakhir terhadap 238 WNI tersebut sebelum nantinya diterbangkan ke Jakarta. Mereka akan diterbangkan terlebih dahulu ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sebelum nantinya dipulangkan ke daerah masing-masing.

Yurianto meminta agar warga daerah asal para WNI yang akan dipulangkan itu tidak khawatir. Sebab, para WNI yang pulang dari Wuhan dan telah dikarantina selama 14 hari di Natuna dalam keadaan sehat walafiat serta negatif virus korona.

"Kita tak perlu khawatir, masyarakat juga sudah tahu. Kita sudah cek ke beberapa pemda, mereka sudah siap. Kita cek ke keluarganya juga sudah siap. Mereka bilang enggak khawatir. Mereka sudah mengerti," ucapnya.

Baca juga: Wabah Covid-19 di China: 1.523 Meninggal, 66.492 Terinfeksi, 8.096 Sembuh 

Sekadar informasi, sebanyak 238 WNI dievakuasi dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China, ke Indonesia menyusul maraknya virus korona atau Covid-19. Virus itu dideteksi berasal dari Wuhan dan telah berdampak pada meninggalnya ratusan orang.

Mereka kemudian dikarantina dan diobservasi di Natuna sebelum nantinya dipulangkan ke kediamannya masing-masing. Sejauh ini ratusan WNI itu dalam keadaan sehat dan hasilnya masih menunjukkan negatif virus korona.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini