nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WNI Selesai Diobservasi di Natuna Diterbangkan Menggunakan 4 Pesawat TNI

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168869 wni-selesai-diobservasi-di-natuna-diterbangkan-menggunakan-4-pesawat-tni-yV8qjNxlG6.jpg Ilustrasi pesawat TNI AU. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA – Sebanyak empat unit pesawat TNI Angkatan Udara (AU) akan membawa 238 warga negara Indonesia (WNI) yang selesai menjalani observasi terkait virus korona atau Covid-19 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Sebanyak 238 WNI tersebut bakal diterbangkan dari Lanud Raden Sadjad Natuna ke Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Setelah itu mereka dipulangkan ke kampung halaman masing-masing menggunakan maskapai komersial.

Baca juga: Ini Alur Pemulangan 238 WNI yang Selesai Diobservasi di Natuna 

"Empat (unit Pesawat TNI AU)," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (15/2/2020).

Ia menerangkan, WNI yang telah selesai menjalani observasi di Natuna akan diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu siang ini. Diperkirakan sore harinya sudah mendarat di Ibu Kota.

"Diharapkan (tiba di Jakarta) sebelum 16.00 WIB," tuturnya.

Sementara pihak Istana Kepresidenan menyampaikan terima kasih kepada warga Natuna yang sudah bersedia menerima kehadiran para peserta observasi di sana. Mereka memastikan ke-238 orang yang selesai diobservasi dalam kondisi sehat walafiat.

"Terima kasih sebanyak-banyaknya dan hormat sehormat-hormatnya untuk seluruh warga Natuna yang menjadi tuan rumah saudara sebangsa kita 238 orang menjalani transit observasi dari Provinsi Hubei, China, hingga hari kepulangan ini," kata Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman kepada wartawan.

Baca juga: Peserta Observasi Pulang Hari Ini, Istana Sampaikan Terima Kasih ke Warga Natuna 

Ia juga mengimbau masyarakat di daerah dapat menerima kehadiran para peserta observasi yang pulang ke rumah masing-masing. Mereka sudah dinyatakan sehat sehingga tidak perlu ada kekhawatiran.

"Presiden (Joko Widodo) juga mengimbau untuk menerima mereka semua dengan tulus ikhlas dan meyakini bahwa semuanya sudah menjalani program transit observasi sesuai protokol WHO yang menjamin mereka semua sehat walafiat," tutupnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini