nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR Pastikan WNI yang Diobservasi di Natuna Sehat

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 06:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 15 337 2168788 dpr-pastikan-wni-yang-diobservasi-di-natuna-sehat-1IXPLtVHxI.jpg Sejumlah WNI yang diobservasi di Natuna (foto: ist)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Laka Lena memastikan bahwa pihaknya akan menyambut 283 warga negara Indonesia (WNI), yang telah dinyatakan bebas virus korona setelah diobservasi selama 14 hari di Natuna.

"Komisi IX akan melakukan penyambutan di Halim. Kami baru landing Jakarta dari Natuna memastikan semua prosedur berjalan sesuai protokol WHO," kata Melki kepada Okezone, Sabtu (15/2/2020).

Melki bersyukur karena seluruh WNI yang dievakuasi dari Wuhan tersebut dipastikan dalam keadaan sehat. Ia pun mengapresiasi kerja pemerintah yang berhasil memulangkan para WNI tersebut hingga bisa kembali kepada keluarganya.

"Kita apresiasi pemerintah dan kerja semua pihak yang bekerja keras, sejak kepulangan dan selama masa observasi juga pemda dan masyarakat Natuna, kebersamaan semua pihak Kemenkes Deplu, TNI-Polri, BNPB, Pemda Natuna dan semua komponen masyarakat menunjukkan kemampuan Indonesia menghadapi penularan corona virus," ucapnya.

 Infografis WNI Observasi

Politisi Partai Golkar itu menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir dan panik dengan wabah virus korona itu lantaran pemerintah akan berusaha untuk mengantisipasi wabah virus tersebut.

"Kita antisipasi dan waspada dengan pola hidup bersih dan kalau ada gejala segera periksakan diri ke rumah sakit," sambungnya.

Ia berharap, para tokoh masyarakat asal WNI yang diobservasi itu bisa turut menjemput warganya di bandara guna memberikan ketenangan di masyarakat. Bahkan, lanjut dia, tokoh masyarakat hingga pejabat perlu memberikan pelukan hangat bagi para WNI yang diobservasi tersebut sebagai bentuk pemberian selamat atas masa-masa sulit yang mereka lewati lantaran mewabahnya virus korona.

"Bagi semua WNI asal Wuhan dan tim pendukung yg selesai menjalani masa observasi di Natuna, selamat kembali ke tengah keluarga dan hidup normal kembali seperti biasa. Masyarakat tidak perlu merasa khawatir karena sudah sehat setelah melalui masa observasi dengan baik," tuturnya.

"Untuk semua masyarakat khususnya warga sekitar WNI asal Wuhan, kami berharap bisa menerima mereka seperti dahulu karena semua sudah dipastikan sehat setelah menjalani proses observasi sesuai standar WHO oleh Kemenkes," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini