nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MKD DPR: Langkah Andre Rosiade Gerebek PSK Tak Bisa Dibenarkan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 21:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168712 mkd-dpr-langkah-andre-rosiade-gerebek-psk-tak-bisa-dibenarkan-WdSLGnAJw4.jpg Andre Rosiade (Foto: Okezone/Fakhri)

JAKARTA - Anggota DPR dari fraksi Gerindra Andre Rosiade dilaporkan masyarakat terkait adanya dugaan penjebakan dalam aksi menggerebek Pekerja Seks Komersial (PSK) di Padang, Sumatera Barat.

Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Arteria Dahlan mengungkapkan jika tindakan yang dilakukan Andre itu tidak dapat dibenarkan. Diakuinya, Andre memiliki hak imunitas sebagai anggota dewan, namun aksi atau tindakannya harus berdasarkan Undang-Undang MPR, DPR, DPD alias UU MD3 dan koridor hukum yang berlaku.

“Tidak bisa dibenarkan. Kerja anggota DPR walaupun ada hak imunitas, tapi juga bersandar pada ketentuan dan koridor hukum,” ungkap Arteria kepada wartawan, Jumat (14/2/2020).

Menurut Arteria, seharusnya anggota DPR hanya diizikan melalukan pengawasan. Kemudian hasil pengawasan tersebut kemudian ditindaklanjuti kepada aparat penegak hukum dan bukanlah dikerjakan sendiri.

“Hasil pengawasan ditindaklanjuti ke aparat pengak hukum atau kementerian lembaga terkait bukan dikerjakan sendiri,” tegas dia.

Arteria
(Foto: Arteria Dahlan/Okezone)

Baca Juga: Majelis Kehormatan Gerindra Panggil Andre Rosiade soal Jebakan PSK

Diketahui, Andre turut ikut bersama jajaran kepolisian saat menggerebek PSK yang sedang berada di sebuah Hotel di Padang. Arteria mengingatkan seorang anggota DPR, alangkah baiknya dapat bertugas sejalan dengan komisi dia berada.

Semisalnya bila di komisi III yang merupakan mitra kerja kepolisian maka sebelum melakukan sidak maka harus bersurat terlebih dahulu ke DPR. Apalagi diketahui Andre saat ini menjabat Anggota Komisi VI DPR RI.

"Yang laksanakan penggeledahan itu polisi, bukan kita. Kalau di sini sudah enggak jelas surat dari mana, engga jelas juga, ya saya enggak tahu nanti saya mau cek langsung," ucap Arteria.

Diketahui sebelumnya, NN merupakan Pekerja Seks Komersial (PSK) yang ditangkap polisi saat transaksi di sebuah hotel berbintang di Padang bersama dengan muncikarinya A (24) sebagai tersangka.

Namun, penangkapan NN ini menuai kritik dari berbagai elemen masyarakat lantaran diduga ada unsur politik dalam penggerebekan tersebut, karena ada politisi Partai Gerindra sekaligus anggota DPR RI, Andre Rosiade.

Atas adanya dugaan penjebakan itu Andre Rosiade dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait aksinya menggerebek PSK di Kota Padang. Laporan dibuat oleh Jaringan Aktivis (JARAK) di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini