Pesan KPK ke Harun Masiku: Datanglah Baik-Baik

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 14 337 2168647 pesan-kpk-ke-harun-masiku-datanglah-baik-baik-C82Poij5H3.jpg Harun Masiku (Foto : KPU)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata menitip pesan untuk buronan Harun Masiku yang hingga kini masih berkeliaran bebas. Alex, sapaan karib Alexander Marwata, meminta agar Harun datang baik-baik ke KPK dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kami berharap yang bersangkutan sukarela menyerahkan diri. Datanglah baik-baik ke KPK, kami akan sambut. Kan cuma diperiksa, pertanggungjawabkan perbuatan itu," kata Alex di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/2/2020).

Alex mengaku hingga saat ini belum mendapatkan informasi terkini dari tim di lapangan terkait perkembangan Harun Masiku. Ia berharap Harun membaca, mendengar, serta melihat pemberitaan yang sedang berkembang terkait perburuannya.

"Terus terang saya enggak dapat informasi itu. Kami tetap mencari, dan kami berharap yang bersangkuta mudah-mudahan mendengar berita, pemberitaan dari teman-teman (wartawan -red)," ucapnya.

Sekadar informasi, sekira satu bulan sejak ditetapkan tersangka, KPK diketahui belum juga bisa mengamankan Harun Masiku. KPK telah melakukan berbagai upaya untuk dapat menangkap Harun.

Upaya yang dilakukan KPK yakni dengan meminta bantuan ke Polri untuk memasukkan nama Harun dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan. Polri sudah menyebar DPO Harun Masiku ke seluruh Polres dan Polda.

Tak hanya itu, KPK juga telah meminta bantuan Imigrasi untuk mencegah Harun Masiku ke luar negeri. KPK juga berharap ada laporan yang signifikan dari masyarakat terkait keberadaan Harun Masiku. Terakhir, KPK sudah membentuk tim khusus untuk memburu Harun.

Baca Juga : KPAI Minta Penjelasan Pemukulan Guru Terhadap Siswa di Bekasi

Namun, sejumlah upaya yang dilakukan KPK itu hingga kini belum membuahkan hasil. Tersangka kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR Pergantian Antar Waktu (PAW) itu masih berkeliaran bebas.

Harun Masiku sendiri merupakan mantan Caleg asal PDIP yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemulusan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR oleh KPK. Ia lolos dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 8-9 Januari 2020.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini