nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Pastikan Fasilitasi Pemulangan WNI Peserta Observasi dari Natuna

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 18:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168625 pemerintah-pastikan-fasilitasi-pemulangan-wni-peserta-observasi-dari-natuna-yj8aKl9NMO.jpg WNI dari Wuhan, China Diobservasi di Natuna, Kepri (foto: Twitter/@KemenkesRI)

JAKARTA - Pihak Istana memastikan pemerintah akan memfasilitasi pemulangan ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi di Natuna ke kampung halamannya masing-masing. Para peserta dinyatakan sehat dan bebas dari virus korona atau Covid-19.

"Secara teknis kementerian dan lembaga terkait akan membantu memfasilitasi kepulangan para peserta observasi," kata Plt Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro kepada Okezone, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga: Kepastian Kepulangan Peserta Observasi Natuna Masih Dinanti Keluarga Asal Bogor 

Hanya dari Dalam Bus, Begini Momen Prabowo Menyapa 238 WNI di Natuna

"Mulai dari Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, Kemendagri, Pemda, dan lain-lain," tambah dia.

Juri menerangkan, Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki peran untuk komunikasi antara peserta observasi dengan keluarga. Selain itu, Pemda juga bisa memfasilitasi mereka untuk sampai ke rumahnya masing-masing.

"Pemda itu posisinya sebagai pihak yang bisa membantu komunikasi dan fasilitasi peserta observasi yang akan pulang ke rumah masing-masing. Itu saja sebenarnya," jelasnya.

Juri mengatakan, proses pemulangan atau pelepasan peserta observasi dilakukan secara natural tanpa acara formal-seremonial. Keluarga peserta observasi dapat menjemput mereka di bandara daerahnya masing-masing.

Baca Juga: Peserta Observasi Natuna Pulang Besok, Istana: Mereka Semua Sehat 

Ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi di Natuna akan diterbangkan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) ke bandara di Jakarta. Setelah itu, peserta observasi dapat melanjutkan perjalanannya menggunakan pesawat komersil ke daerahnya masing-masing. Seluruh biaya kepulangan ditanggung oleh negara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini