nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

238 WNI di Natuna Sehat, DPR Minta Masyarakat Tak Khawatir

Adi Rianghepat, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 15:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168498 238-wni-di-natuna-sehat-dpr-minta-masyarakat-tak-khawatir-LLRY2TxL83.jpg 238 WNI saat tiba di Natuna. (Foto: Kemlu RI)

KUPANG - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melki Lakalena mengatakan observasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China di Natuna Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) selama 14 hari berjalan sesuai prosedur. Sebanyak 238 orang yang dikarantina secara medik dinyatakan sehat dan tak terinfeksi virus korona (Covid-19).

"Mereka semuanya sehat walafiat dan layak untuk kembali ke keluarga mereka dan masyarakat tempat mereka berasal," kata Melki saat dihubungi Okezone, Jumat (14/2/2020).

Menurut dia, standar operasional prosedur (SOP) saat obeservasi terlaksana dengan baik, sehingga masyarakat tak perlu khawatir dengan kondisi kesehatan mereka.

"Saya yakinkan mereka semua sehat dan bebas dari virus korona atau virus Covid-19," katanya.

Suasana di Dalam Pesawat Saat Penjemputan WNI dari Wuhan

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, prosedur pemulangan sudah bisa dilakukan pada Sabtu 15 Februari 2020. "Nanti diangkut dari Natuna menggunakan sejumlah pesawat. Namun persisnya secara teknis akan dibantu TNI," ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan WNI di Natuna Sehat & Siap Kembali ke Keluarga

238 warga Indonesia itu akan diterbangkan langsung dari Natuna ke Bandara Halim Perdanakusuma dan selanjutnya akan dijemput keluarga masing-masing di bandara milik TNI AU tersebut.

"Komisi IX DPR juga akan menjemput mereka di Bandara Halim," ucapnya.

Sebelum terbang dari Natuna, Melki Lakalena mengatakan 238 orang itu akan mengikuti pemeriksaan terakhir di bandara.

"Akan ada pengecekan terakhir di Natuna. Sampau di Halim sudah tak perlu lagi pengecekan," katanya

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini