Penerbangan Disetop karena Korona, Warga China Bisa Dapat Izin Tinggal Darurat di Indonesia

Pramono Putra, iNews.id · Jum'at 14 Februari 2020 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 14 337 2168469 penerbangan-disetop-karena-korona-warga-china-bisa-dapat-izin-tinggal-darurat-di-indonesia-qX1pjw61uP.jpg Ilustrasi (Okezone.com/Heru)

SIDOARJO - Seiring ditutupnya penerbangan dari dan ke China pasca- merebaknya virus corona atau Covid-19 di Wuhan, China, Imigrasi memberikan izin tinggal darurat secara gratis bagi warga China yang sedang bekerja atau berlibur di Indonesia.

Penutupan penerbangan dari dan menuju China yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia akibat dampak merebaknya virus korona di China membuat ribuan warga Negeri Tirai Bambu itu yang sedang di Indonesia dipastikan kesulitan untuk kembali ke negaranya.

Tercatat dari data perlintasan kunjungan sejak awal 2020 hingga sebelum dikeluarkannya surat keputusan pembekuan penerbangan dari dan menuju China pada 5 Februari lalu, sedikitnya 1.300 lebih warga China yang masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sidoarjo.

 juanda

Bandara Juanda (Okezone.com/Avirista)

Terkait kondisi ini, Imigrasi telah menyiapkan fasilitas izin tinggal darurat selama 30 hari bagi warga China. Izin tinggal darurat diberikan tanpa ada biaya tambahan apapun yang diberikan kepada warga China yang saat ini tinggal di Indonesia.

“Kami dari pihak Imigrasi telah memberikan fasilitas,” kata Nanang Mustofa, Kabid Tikim Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Surabaya, Jumat (14/2/2020).

Surat izin tinggal darurat ini nantinya dapat kembali diperbaharui selama 30 hari ke depan, hingga pemerintah Indonesia kembali membuka penerbangan langsung ke China.

Namun, Kantor Imigrasi Kelas 1 Surabaya belum menerima pengajuan perpanjangan surat izin tinggal darurat yang diajukan oleh warga China.

Untuk mendukung pemberian izin tinggal darurat bagi warga China yang masih berada di Jawa Timur, Imigrasi Surabaya telah berkoordinasi dengan Biro Perjalanan Travel maupun perusahaan yang mempekerjakan warga China.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini