nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Lepas Dua Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Merapi

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 14 Februari 2020 15:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168456 presiden-jokowi-lepas-dua-elang-jawa-di-taman-nasional-gunung-merapi-2rAbgQT6iu.png Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepasliarkan dua ekor elang jawa (nisaetus bartelsi) di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jurang Jero, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). Kegiatan ini diharapkan dapat menjaga kelestarian satwa tersebut di alam bebas sekitar Gunung Merapi.

"Elangnya satu pasang dilepas. Kawasan ini memang memiliki kemampuan untuk menampung enam pasang, tetapi yang dilepas hari ini hanya satu pasang," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Abu dan Rossy merupakan nama pasangan elang jawa yang dilepasliarkan Jokowi. Keduanya merupakan satwa yang diserahkan kepada petugas dari masyarakat untuk kemudian direhabilitasi ke Pusat Konservasi Elang Kamojang.

(Foto: Biro Pers Setpres)

Kedua elang tersebut telah menjalani proses rehabilitasi sejak 8 Juni 2018 lalu yang meliputi pemeriksaan dan pemulihan kesehatan.

Baca juga: Presiden Jokowi Pastikan WNI di Natuna Sehat & Siap Kembali ke Keluarga

Elang jawa sendiri merupakan satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999. Elang jawa juga dinyatakan sebagai spesies yang kini berada di ambang kepunahan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini