nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 15:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168451 eks-gubernur-aceh-irwandi-yusuf-dieksekusi-ke-lapas-sukamiskin-X3gN6lmKr3.jpg Irwandi Yusuf (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dieksekusi ke Lembaga Pemasyakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Jumat (14/2/2020).

Irwandi dieksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan perkara suapnya terkait proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018 dinyatakan telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Baca Juga: KPK Eksekusi Stafsus Mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ke LP Cipinang

Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, eksekusi terhadap Irwandi dilakukan sejalan dengan putusan Mahkamah Agung (MA). Dalam hal ini, MA telah memutuskan menolak kasasi yang diajukan Irwandi Yusuf.

"Jaksa eksekusi KPK pada hari ini Jumat tanggal 14 Februari 2020, telah melaksanakan putusan Mahkamah Agung untuk terpidana Drh. H. Irwandi Yusuf, M. Sc (Gubernur Provinsi Aceh periode 2007–2012 dan 2017 sampai 2018) di Lapas Sukamiskin Bandung," ujar Ali Fikri melalui pesan singkat.

Lapas Sukamiskin

Dalam petikan putusan di tingkat kasasi, hakim memvonis Irwandi dengan pidana tujuh tahun penjara dan denda sebesar Rp300 juta subsidair tiga bulan kurungan. Tak hanya itu, hakim juga mencabut hak Irwandi Yusuf untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun setelah selesai menjalani hukuman badan.

Putusan di tingkat kasasi itu diketahui lebih rendah setahun dari vonis di tingkat banding. Di tingkat banding, mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut divonis delapan tahun penjara.

Baca Juga: Kasasi Ditolak MA, Kuasa Hukum Belum Tahu Vonis Terbaru Irwandi Yusuf

Vonis di tingkat kasasi terhadap Irwandi itu diputus Hakim Ketua Surya Jaya, dengan Hakim Anggota yakni, Krisna Harahap dan Askin. Pada putusannya, MA tidak sepakat dengan putusan di tingkat banding atau Pengadilan Tinggi Jakarta.

Di mana, Pengadilan Tinggi Jakarta memvonis Irwandi lebih tinggi setahun dari putusan di tingkat pertama atau Pengadilan Tipikor Jakarta. Irwandi sendiri divonis tujuh tahun penjara di tingkat pertama.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini