nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Menpora Imam Nahrawi Jalani Sidang Perdana Kasus Suap dan Gratifikasi

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 09:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 14 337 2168270 mantan-menpora-imam-nahrawi-jalani-sidang-perdana-kasus-suap-dan-gratifikasi-6DqaCXsuOd.jpg Imam Nahrawi. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta mengagendakan sidang perdana terhadap mantan menteri pemuda dan olahraga (menpora), Imam Nahrawi, pada hari ini. Imam bakal menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi.

"Iya sidang dakwaan IMN hari ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jumat (14/2/2020).

Peran Imam dalam kasus dugaan suap dan penerimaan sejumlah gratifikasi akan dibeberkan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui surat dakwaan yang dibacakan.

Ali mengatakan, seluruh rangkaian perbuatan Imam Nahrawi akan dibeberkan dalam persidangan pada hari ini.

"Iya dalam dakwaan tentunya nanti akan disampaikan sesuai fakta dari pemeriksaan saksi di berkas perkara dan seluruhnya," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, mantan menpora Imam Nahrawi ditetapkan tersangka kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora untuk KONI pada tahun anggaran 2018 dan penerimaan gratifikasi. Ia ditetapkan tersangka bersama asisten pribadinya Miftahul Ulum (MIU).

Imam diduga menerima suap dan gratifikasi sebesar Rp26,5 miliar. Uang tersebut disinyalir diterimanya dalam dua kali tahap.

Pertama, Imam menerima uang pada medio 2014–2018 melalui Miftahul Ulum senilai Rp14,7 miliar. Kedua, kisaran tahun 2016–2018 sejumlah Rp11,8 miliar.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini