nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PKS Sebut PAN Bakal Dukung Pansus Jiwasraya Setelah Zulhas Kembali Jabat Ketum

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 16:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 13 337 2167980 pks-sebut-pan-bakal-dukung-pansus-jiwasraya-setelah-zulhas-kembali-jabat-ketum-8knQZDUrFg.jpeg Presiden PKS, Sohibul Iman. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyatakan Partai Amanat Nasional (PAN) akan ikut mendukung pembentukan Panitia Khusus (Pansus) hak angket terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya.

Sohibul mengaku beberapa waktu lalu dia bertemu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Dalam pertemuan itu, Sohibul mengatakan, Zulhas bakal mendukung pembentukan pansus jika terpilih lagi sebagai Ketum PAN.

“Beliau menyatakan PAN insya Allah ikut, tapi setelah beliau (Zulhas-red) terpilih kembali. Sekarang beliau terpilih kembali," ucap Sohibul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Setelah itu, lanjut Sohibul, Zulhas memberikan instruksi kepada kadernya yang turut hadir yaitu Ketua DPP Yandri Susanto dan Sekjen PAN Eddy Soeparno agar fraksi di DPR turut mendukung pembentukan pansus.

Zulhas saat kongres PAN (Foto :iNews TV)

"Waktu bertemu saya bicara begitu. Di situ disaksikan oleh saudara Yandri, oleh Sekjen juga. Beliau (Zulhas) mengatakan, Yandri-Eddy nanti kita ikutlah dalam pansus itu," katanya.

Tidak hanya itu, secara gamblang Sohibul menyebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ingin penyelesaian kasus Jiwasraya melalui Pansus. Hal itu diketahuinya usai PKS bertemu Nasdem beberapa waktu kalu.

Hanya saja, sekarang Nasdem malah memilih panja dalam menyelesaikan masalah Jiwasraya. Surya Paloh mendukung panja setelah mendapat penjelasan dari partai koalisi pemerintah.

“Pak Surya Paloh sendiri waktu saya kunjungan ke Nasdem itu waktu pas konpers dia katakan awalnya Nasdem itu percaya bahwa ini bisa diselesaikan oleh pansus,” ujarnya.

"Tapi kemudian kalau lewat panja tidak bisa selesai, beliau (Surya Paloh) katakan pansus juga tidak ada masalah. Kan begitu beliau. Jadi saya menangkap mereka (Nasdem) pada dasarnya secara objektif yang bisa menyelesaikan itu pansus, tapi kan ini masalah politik," tutur Sohibul.

Terkait sikap partai pendukung pemerintah yang lebih mendukung Panja dibandingkan Pansus, Sohibul tak mau ambil pusing. Pihaknya ingin kasus Jiwasraya dapat melalui Pansus lantaran ingin lebih objektif mencari akar permasalahan.

“Kami ingin mengajak kepada mereka, mari kita lihat secara objektif, sekalipun mereka bagian dari pemerintahan kita yakinkan bahwa kalau mereka ikut di sini, justru banyak hal yang membantu pemerintah," tuturnya.


Baca Juga : Panja Jiwasraya Komisi III Bakal Panggil Kembali Plh Jampidsus

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini