nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpinan Komisi III Dukung Pemerintah Buka Peluang Pulangkan Anak WNI Eks ISIS

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 15:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 337 2167914 pimpinan-komisi-iii-dukung-pemerintah-buka-peluang-pulangkan-anak-wni-eks-isis-t819iEJwCE.jpg Desmond J Mahesa. (Foto : Sindo)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa mendukung sikap pemerintah mempertimbangkan memulangkan anak-anak WNI eks ISIS jika ada yang telantar di Timur Tengah.

"Oh ya mendukunglah. WNA saja dalam rangka kepentingan nasional untuk bola, basket, didukung. Ini WNI bapaknya melepas, tapi anak ini kan masih ada. Masa dia mau balik kita tidak bisa terima," kata Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Meski mendukung, Desmond meminta pemerintah harus menyiapkan langkah-langkah jika memang anak-anak WNI eks ISIS itu kembali ke Tanah Air.

"Kalau anak-anaknya mau balik ke Indonesia, tentunya ada perlakuan-perlakuan yang harus dilakukan pemerintah Indonesia. Yang jadi soal, anak-anak itu balik, siapa yang melakukan pendidikannya. Proses inilah tentu pemerintah menyiapkan," ujarnya.

Untuk anak-anak WNI eks ISIS, Desmond memandang alangkah baiknya bukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang mengambil alih. Ia ingin ada lembaga lainnya yang dapat memberikan proses edukasi apabila anak-anak benar dipulangkan.

"Saya pikir tidak cocok untuk di BNPT. Berarti pemerintah harus menyampaikan ke mana ini, anak-anak perlu dibina. Tentunya ada berkaitan dengan paham-paham radikalisme," tutur Desmond.


Baca Juga : Cegah Eks ISIS Menyelinap, Pemerintah Diminta Awasi "Jalur Tikus" Masuk Indonesia

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka peluang memulangkan anak-anak WNI bekas pengikut ISIS jika ada yang telantar di Timur Tengah. Namun, pemerintah akan mengidentifikasi mereka dulu.

"Kita memang masih memberikan peluang untuk yang yatim, yatim piatu yang ada berada pada posisi anak-anak. Tapi, kita belum tahu apakah ada atau tidak ada," kata Jokowi.


Baca Juga : PKS Sepakat dengan Presiden Jokowi Tidak Akan Pulangkan Eks ISIS

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini