Rutan Kabanjahe Rusuh, DPR Akan Minta Penjelasan ke Menkumham

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 13 Februari 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 13 337 2167871 rutan-kabanjahe-rusuh-dpr-akan-minta-penjelasan-ke-menkumham-ij5xAPivIv.jpg Wakil Ketua DPR RI Desmond Junaedi Mahesa (Foto: Ist)

JAKARTA - Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Rabu 12 Februari 2020.

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahessa mengatakan, akan mengonfirmasi kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Rencananya, Komisi III DPR akan rapat dengan Menkumham pada 24 Februari mendatang.

"Nanti tanggal 24 (Februari) kita akan rapat dengan Menkumham. Tentu karena saya yang mimpin nanti akan saya pertanyakan tentang persoalan ini," ujar Desmond di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: Kericuhan di Rutan Kabanjahe, Aparat TNI-Polri Letuskan Tembakan Peringatan ke Udara

Kerusuhan diduga terjadi karena sikap warga binaan menolak petugas merazia narkoba. Sementara Desmond menduga hal itu terjadi karena terdapat prosedur yang salah dan tidak dijalankan di sana.

"Kalau kerusuhan itu terjadi karena ada barang di dalam, berarti di hulu enggak-enggak beres, penjaganya tidak beres, berarti di dalam itu ada bandar juga," ujar Desmond.

Meski demikian, politikus Partai Gerindra ini menilai kericuhan yang terjadi dia di dalam rutan adalah hal biasa. Hanya saja dia meminta agar petugas dapat mengetahui penyulut kericuhan disana.

"Kerusuhan itu sesuatu yang biasa, tinggal penyulutnya itu ada apa?" kata Desmond.

Kerusuhan terjadi di Rutan Kelas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu 12 Februari 2020. Kerusuhan dipicu sikap warga binaan menolak petugas merazia narkoba.

Rutan Kabanjahe Foto: Ist

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti menjelaskan, kerusuhan terjadi sekira pukul 12.00 WIB. Saat itu, warga binaan berteriak-teriak dari dalam blok kamar hunian. Melihat kejadian itu, petugas mencoba menenangkan warga binaan tersebut.

Baca Juga: Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe

Namun, bukannya tenang, warga binaan justru menyerang petugas. Kerusuhan pun tak terelakan. Sejumlah warga binaan kemudian bergerak ke depan arah gedung perkantoran dan membakar gedung perkantoran.

"Indikasi pemicu kerusuhan lantaran ada oknum warga binaan tidak terima atas upaya pemberantasan narkoba di dalam rutan," ujar Rika.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini