47 Orang Positif Korona, Pemerintah Belum Berencana Tutup Penerbangan ke Singapura

Sarah Hutagaol, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 337 2167493 47-orang-positif-korona-pemerintah-belum-berencana-tutup-penerbangan-ke-singapura-taugXK0iME.jpg Stafsus Menhub Adita Irawati (Foto : Okezone.com/Sarah)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia belum berencana untuk penutupan penerbangan dari dan ke Singapura. Meskipun saat ini sudah terdapat 47 orang di sana yang positif terjangkit virus korona, termasuk satu orang WNI.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati di Kantor Staf Kepresidenan (KSP) terkait Perkembangan Penanganan COVID-19 dan Lesson Learnt dari Singapura.

"Sampai saat ini kami belum ada rencana untuk melakukan penundaan penerbangan seperti China," ucap Adita, Rabu (12/2/2020).

Menurut Adita, hingga saat ini pemerintah masih memantau perkembangan dari penyebaran virus Korona yang ada di Singapura. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri terkait persoalan tersebut.

"Ini sangat tergantung dengan dinamika perkembangan penyebaran virus ini, dan kami akan sangat intens koordinasi dengan Kemenkes dan Kemenlu. Karena kaitannya dengan hubungan antarnegara, Kemenhub pada dasarnya adalah support, menyediakan fasilitasnya," paparnya.

Baca Juga : Jokowi Tegaskan Pemerintah Tak Akan Pulangkan Anggota ISIS Eks WNI

Ia mengatakan penumpang dari dan ke Singapura cukup tinggi, yakni sebanyak 5,6 juta per tahun, dan juga dengan rata-rata sekitar 580 penerbangan setiap minggunya.

"Kami akan melakukan upaya pencegahan di pintu masuk baik di bandara atau pelabuhan. Thermal scanner ada di semua bandara dan pelabuhan, kami kerja sama intens dengan petugas pelabuhan dan bandara. Kami kerja sama intens dengan imigrasi dan beacukai," tutup Adita.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini