nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan di Rutan Kabanjahe Diprovokasi Napi Narkoba

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 19:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 12 337 2167491 kerusuhan-di-rutan-kabanjahe-diprovokasi-napi-narkoba-nSWuBLF6uN.jpg Rutan Kabanjahe saat kerusuhan (foto: Sindonews)

MEDAN - Kerusuhan yang berujung pada pembakaran terjadi di rumah tahanan (rutan) Klas IIB Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, dilatarbelakangi provokasi yang dilakukan oleh 4 orang warga binaan, yang kembali dijadikan tersangka karena kepemilikan narkoba jenis sabu.

"Jadi sehari sebelum kerusuhan, ada empat warga binaan yang ditangkap karena kedapatan menyimpan 30 gram narkoba jenis sabu. Setelah diperiksa polisi mereka dikembalikan ke rutan. Saat itu lah mereka memprovokasi warga binaan lainnya untuk memberontak kepada petugas dan membuat kerusuhan," kata Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Kabag Humas Ditjen PAS) Rika Aprianti, Rabu (12/2/2020).

 Baca juga: Kronologi Kerusuhan di Rutan Kabanjahe

Pemeriksaan narkoba di rutan Kabanjahe sudah dilakukan sejak 8 Januari 2020 lalu. Setiap hari ada kamar hunian warga binaan yang menjadi sasaran pemeriksaan.

“Dalam pemeriksaan sebelumnya tidak ada masalah. Pemeriksaan kali ini berujung rusuh karena diprovokasi," sambungnya.

 Baca juga: Rutan Kabanjahe Rusuh, Polri Pastikan Seluruh Napi Selamat

Rika menyebutkan, saat ini keempat warga binaan yang menjadi tersangka itu, telah dipisahkan dari warga binaan lainnya.

"Warga binaan sudah kita evakuasi. Termasuk empat warga binaan pemilik narkoba itu. Mereka kita evakuasi ke rutan di Polres Karo dan rutan di polsek-polsek se-kabupaten Karo," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini