Presiden Jokowi ke Xi Jinping: Indonesia Siap Bantu China Tangani Virus Korona

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 337 2167437 presiden-jokowi-ke-xi-jinping-indonesia-bantu-china-tangani-virus-korona-s5VdY6B7PK.jpg Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan pemerintah Australia di Parliament House, Canberra (Okezone.com/Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping terkait wabah virus korona. Jokowi mengatakan jika dibutuhkan, maka Indonesia siap membantu China menangani virus korona.

Jokowi menyampaikan duka cita yang mendalam kepada Xi Jinping atas wabah virus korona di China.

"Tadi malam jam setengah delapan saya berbicara melalui telepon dengan Presiden RRT, Presiden Xi Jinping. Yang pertama saya sampaikan duka cita kepada korban virus korona yang ada di Tiongkok," katanya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

"Kemudian saya sampaikan bahwa Indonesia akan selalu bersama dengan RRT dalam masa yang sulit seperti ini," tambahnya.Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping (Reuters)

Jokowi yakin China dapat menyelesaikan masalah virus korona dalam waktu secepat-cepatnya. Ia juga menawarkan bantuan terkait penanganan virus itu kepada China apabila diperlukan.

"Saya juga sampaikan bahwa Indonesia yakin RRT bisa selesaikan masalah virus korona dalam waktu secepat-cepatnya. Itu kira-kira yang saya sampaikan kepada Presiden Xi Jinping,” ujarnya.

“Saya menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan, saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan."

Sementara Presiden Xi Jinping meyakinkan Presiden Jokowi bahwa China akan menang dalam perang melawan epidemi virus korona, sambil memenuhi tujuan pembangunan sosial dan ekonomi.

Baca juga: Presiden Xi Yakinkan Jokowi China Akan Menang Dalam Perang Melawan Virus Korona

“Kami memiliki kemampuan dan kepercayaan diri tidak hanya untuk mengalahkan epidemi, tetapi juga akan memenuhi tujuan dan tugas yang direncanakan untuk pembangunan ekonomi dan sosial. Saya percaya China akan lebih makmur setelah mengatasi epidemi ini,” katanya kepada Jokowi seperti disiarkan Bloomberg yang mengutip Xinhua.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, hingga Rabu, jumlah orang yang terinfeksi virus korona sudah mencapai 43.103.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini