nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Resmi Lantik Laksamana Madya Aan Kurnia Jadi Kabakamla

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 15:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 337 2167363 presiden-jokowi-resmi-lantik-laksamana-madya-aan-kurnia-jadi-kabakamla-72cUntwb17.jpg Presiden Jokowi saat melantik Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia di Istana (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Aan menggantikan Laksamana Madya TNI A Taufiqoerrochman yang akan memasuki masa pensiun. Pengangkatan Aan sebagai Kabakamla berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 17/TPA/2020. Orang nomor satu di Indonesia itu kemudian membacakan sumpah pengangkatan jabatan dan diikuti oleh Aan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada UUD NRI Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi diikuti Aan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahkan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," demikian Jokowi.

 Kabakamla saat dilantik Jokowi

Pelantikan Kepala Bakamla turut dihadiri Menko Polhukam, Mahfud MD; Ketua Wantimpres, Wiranto; Wamenhan, Sakti Wahyu Trenggono; Kepala BSSN, Hinsa Siburian; Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri; beserta jajaran pejabat negara lainnya.

Aan Kurnia merupakan Perwira Tinggi TNI AL yang saat ini menjabat sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI. Alumni AAL 1987 sebelumnya menjabat Asisten Operasi KSAL menggantikan Laksdya Siwi Sukma Adji yang ditunjuk Jokowi sebagai KSAL.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Laksdya TNI Aan Kurnia menjadi Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla).

"Pak Aan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 17 Januari 2020.

Kepala Negara memastikan, keputusan menunjuk Aan telah dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya, dalam sidang tim penilai akhir (TPA), Aan unggul dibanding dua calon lain yang diusulkan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini