BNN: 80 Persen Penyelundupan Narkoba ke Indonesia Melalui Jalur Laut

Azhari Sultan, Okezone · Rabu 12 Februari 2020 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 12 337 2167316 bnn-80-persen-penyelundupan-narkoba-ke-indonesia-melalui-jalur-laut-ihAFAXaGAp.JPG Kepala BNN, Komjen Pol Heru Winarko (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAMBI - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Heru Winarko menyebut, sebanyak 80 persen penyelundupan narkoba ke Indonesia menggunakan jalur laut.

"Narkoba yang berasal dari wilayah golden triangle (segitiga emas), yakni di Thailand, Myanmar dan Laos, 80 persennya dikirim melalui jalur laut," ungkapnya kepada wartawan di Jambi, Rabu (12/2/2020).

Melihat Provinsi Jambi yang wilayah barat dan timurnya dikelilingi laut, dia berharap semua instansi terkait, baik Polda Jambi serta unsur TNI untuk memperkuat pengawasan di kawasan pantai atau pesisir.

“Tolong di daerah pantai atau pesisir terus-menerus diperkuat penjagaannya oleh Babinsa, kepala desa, TNI dan BNN. Bagian ini kita perkuat di mana mereka masuk lewat rute pinggir pantai,” tandasnya.

Terpisah, Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) Polda Jambi, Kombes Pol Eka Wahyudianta berjanji akan melakukan mapping wilayahnya.

"Saya mewajibkan kamtibmas untuk berkunjung ke tokoh-tokoh penggiat narkoba, dan melaporkannya ke pimpinannya dan melanjutkan ke Mapolda Jambi," kata Eka.

Dirinya juga berharap masyarakat turut berperan memerangi narkoba di wilayah Jambi.

"Tentu bukan hanya polisi saja, peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam pemberantasan narkoba," ujarnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini