nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Tunjuk Aloma Sarumaha Plt Dirjen Bimas Katolik

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 11:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 337 2167172 menag-tunjuk-aloma-sarumaha-plt-dirjen-bimas-katolik-Rnk6NS5F5Z.jpg Kementerian Agama RI (Okezone)

JAKARTA – Setelah sempat menuai polemik terkait dengan pejabat Muslim mengisi jabatan Plt Dirjen Bina Masyarakat (Bimas) Katolik, Menteri Agama Fachrul Razi langsung bersikap. Dia menunjuk Aloma Sarumaha sebagai Plt Dirjen Bimas Katolik.

Bersamaan itu, Menag juga menunjuk M Thambrin sebagai Plt Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI.

Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan mengatakan, surat perintah pelaksana tugas dua jabatan itu sudah ditandatangani oleh Menag Fachrul Razi.

:Plt Dirjen Bimas Katolik adalah Aloma Sarumaha, dan Plt Irjen adalah M Thambrin,” kata Nur Kholis dalam keterangannya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (12/2/2020).

Sebelumnya, Aloma Sarumaha menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bimbingan Masyarakat Katolik. Sedangkan M Thambrin menjabat sebagai Sekretaris Itjen Kementerian Agama.

Dalam lama profil pejabat Kemenag, Aloma Sarumaha tercatat lahir di Nias, Sumatera Utara, pada 8 Desember 1964. Dia merupakan seorang Katolik. Pendidikan terakhirnya S3 Antropologi Universitas Indonesia.

Sebelumnya jabatan Plt Dirjen Bimas Katolik jadi sorotan karena diisi oleh M Nur Kholis Setiawan yang merupakan seorang Muslim. Warganet mengkritik dan menilai ini diskriminasi.

Baca juga: Kemenag Minta Maaf soal Pejabat Muslim Jadi Plt Dirjen Bimas Katolik

Dirjen Bimas Katolik sebelumnya dijabat oleh Eusabius Binsasi. Namun, sejak Juli 2019, Eusabius memasuki usia pensiun. Menag akhirnya menunjuk Dirjen Bimas Islam Prof Muhammadiyah Amin sebagai Plt Dirjen Bimas Katolik.

Belakangan Muhammadiyah Amin sakit-sakitan lalu ditunjuk Nur Kholis. Karena berpolemik, akhirnya jabatan itu diserahkan sementara ke Aloma Sarumaha sambil menunggu ada pejabat definitif.

Kementerian Agama dalam waktu dekat akan membuka lelang jabatan untuk Dirjen Bimas Katolik dan Irjen Kemenag, serta sejumlah jabatan setingkat eselon II yang masih belum terisi.

“Semoga beberapa jabatan eselon I dan II di Kemenag yang kosong bisa segera terisi. Kami akan lakukan lelang jabatan dalam waktu dekat,” ujar Nur Kholis.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini