nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 12 Februari: Vasco Da Gama Kembali Berlayar hingga Demam Emas Australia

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 08:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 337 2167057 peristiwa-12-februari-vasco-da-gama-kembali-berlayar-hingga-demam-emas-australia-Z3tYs5s85W.jpg Ilustrasi Emas (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa fenomenal terjadi pada 12 Februari dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa itu kemudian tercatat menjadi bagian penting dalam sejarah manusia.

Okezone merangkum sejumlah peristiwa yang terjadi pada 12 Februari baik di dalam negeri maupun di dunia internasional. Sejumlah peristiwa itu meliputi fenomena demam emas di Australia hingga kematian Immanuel Kant.

1. Vasco Da Gama Kembali Berlayar dari Portugal ke India

Penjelajah kebangsaan Portugis, Vasco Da Gama kembali berlayar untuk yang kedua kalinya dari tanah kebangsaannya ke India. Ia memulai pelayaran keduanya pada 12 Februari 1502 dengan menggunakan 20 kapal perang.

Pelayaran pertama Vasco sudah dilakukan sejak 8 Juli 1497. Ia berhasil mengelilingi Afrika kemudian tiba di India dengan membawa 4 kapal yang diawaki 170 orang Lisboa.

Dalam perjalanan keduanya ke India, Vasco membawa pulang sutera dan emas untuk membuktikan bahwa ia telah berhasil mengunjungi India untuk kedua kalinya. Vasco tercatat seorang penjelajah yang menemukan jalur laut langsung dari Eropa ke Malabar, India dengan mengelilingi laut Afrika.

Vasco
(Foto: Vasco Da Gama/Wikipedia)

Baca Juga: Peristiwa 7 Februari: Perang Napoleon hingga Kebakaran Terbesar Hutan di Australia

2. Santiago de Chilli Didirikan

Santiago de Chile merupakan Ibu Kota serta kota terbesar di Chilli. Dari informasi yang dirangkum, Santiago de Chilli dibentuk pada 12 Februari 1541 oleh Pedro de Vadivia.

Seiring berjalannya waktu, Santiago de Chile menjadi kota yang maju. Kota itu kini memiliki jumlah penduduk sekira 6,4 juta jiwa.

3. Demam Emas Australia

Demam Emas Australia merupakan fenomena atau peristiwa dimana diketemukannya tambang emas oleh Edward Hargraves di Barthurst, New South Wales, Australia, pada tahun 1851. Penemuan emas itu kemudian melebar ke sejumlah daerah di Australia.

Enam bulan setelah ditemukan emas di daerah Barthurst, logam mulia itu kemudian didapati lagi di daerah Victoria, Ballarat, dan Bendigo Creek. Tak lama, emas kemudian ditemukan lagi di seluruh koloni Australia.

Emas

4. Perang Saudara Austria Dimulai

Perang Saudara Austria terjadi pada 12 hingga 16 Februari 1934. Perang saudara Austria merupakan konflik antara faksi sosialis melawan kelompok nasionalis-fasis. Dari catatan, perang saudara itu bermula dari Kota Linz dan kemudian menyebar ke Kota Wina, Graz, Bruck an der Mur, Judenburg, Wiener Neustadt, Steyr.

Pemicu konflik antar saudara di Austria ini karena adanya pelarangan Schutzbund yang merupakan milisi kelompok sosialis. Mereka melawan setelah adanya upaya pelucutan senjata di Hotel Schiff, Linz. Konflik ini mengakibatkan tewasnya ratusan orang di pusat industri Austria.

Konflik ini berakhir setelah kemenangan direbut oleh kelompok Austrofasis. Kemenangan ini kemudian menjadi tombak penghapusan sistem multipartai konsolidasi kekuasaan barisan Tanah Air.

5. Soekarwo-Saifullah Yusuf Dua Kali Dilantik Jadi Gubernur-Wagub Jatim

Soekarwo dan Saifullah Yusuf merupakan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode. Pasangan itu terpilih menjadi Gubernur-Wagub terpilih periode 2009-2014 dan 2014-2019.

Pasangan itu dilantik menjadi Gubernur-Wagub Jawa Timur tepat pada 12 Februari 2009 dan dilanjutkan pada 12 Februari 2014 sebelum pada akhirnya lengser dan digantikan oleh Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

6. Immanuel Kant Tutup Usia

Filsuf asal Jerman, Immanuel Kant menghembuskan nafas terakhirnya pada 12 Februari 1804 di Konisberg, Kerajaan Prusia. Ia meninggal di usia 79 tahun.

Sebelum meninggal, Kant sempat menjadi dosen dan menelurkan banyak karya-karya filosofi yang hingga kini masih abadi. Ia mendapatkan gelar profesor pada 1770.

Kant disebut-sebut mempunyai kepribadian yang sangat disiplin. Ia dikenal punya jadwal kegiatan yang sudah tersistematis. Kedisiplinan hidup Kant dinilai menjadikan banyak karya yang sangat fenomenal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini